Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / AURAT MENURUT ISLAM
AURAT MENURUT ISLAM
0 Komentar | Dibaca 1190 kali
SAHABUDDIN @elsah
28 December 2014

10620644_265456466994394_3833975555327512372_nAgama Islam sangat memperhatikan penampilan hamba-Nya dalam berpakaian dan berhias karena akan mempengaruhi pandangan orang lain dan pandangan dapat mempengaruhi pikiran atau nafsu syahwat.Menjaga aurat,pandangan diperintahkan kepada laki-laki dan wanita;
“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman:’hendaklah mereka menahan pandangannya;dan memelihara kemaluannya;yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa mereka perbuat.”(QS.An Nuur:30).
“Katakanlah kepada wanita yang beriman:’hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya,dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya,kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung di dadanya,dan janganlah menampakkan perhiasannya (QS.An Nur:31)
“Hai nabi,katakanlah kepada istri-istrimu dan anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin:’hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’,yang demikian itu supaya mudah untuk dikenal,karena itu mereka tidak diganggu.Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”(QS.Al Ahzab:59).
Namun,masih banyak umat Islam yang menganggap sepele perintah menjaga aurat.Dalam masyarakat,banyak kita temukan umat Islam laki-laki ataupun perempuan yang berkeliaran di tempat umum dengan menampakkan auratnya,bahkan kaum wanita yang telah menunaikan ibadah hajipun bebas berkeliaran menampakkan sebagian auratnya,yaitu memakai kain penutup kepala tetapi kelihatan sebagian rambut dan lehernya,yang katanya seperti tulah pakaian haji bagi wanita.
Aurat adalah sesuatu yang ada pada diri seseorang yang bila diindra dapat mempengaruhi pikiran atau nafsu syahwat seseoang baik lawan jenis maupun sesama jenis yang mendorong timbulnya perzinahan,baik oleh mata,tangan maupun oleh kemaluan.Menampatkan aurat kepada yang bukan mukhrin adalah dosa dan memandang aurat yang bukan mukhrin juga adalah dosa.Mukhrin adalah orang yang menurut syariat haram dinikahi.Kepada mukhrin,aurat atau perhiasan boleh nampak,namun dalam batas-batas yang tidak mengundang syahwat.Mukhrin yang dimaksud adalah: kecuali kepada suami mereka,atau ayah mereka,atau ayah suami mereka,atau putra-putra mereka,atau saudara-saudara laki-laki mereka,atau putra-putra saudara laki-laki mereka,atau putra-putra saudara perempuan mereka atau wanita-wanita Islam,atau budak-budak yang mereka miliki,atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”(QS.An Nur:31).
Aurat laki-laki berbeda dengan aurat perempuan.Aurat laki-laki adalah bagian tubuh mulai dari pusar dan lutut.Bagian itu harus ditutup dari pandangan orang lain,ketika shalat (baik shalat sendirian maupun shalat berjamaah atau ketika dalam keadaan tidak shalat/keluar rumah.Dikecualikan pula kepada mukhrin pada batas-batas yang tidak menimbulkan syahwat.Khusus kemaluan (alat kelamin) tidak memperlihatkan atau melihat kemaluan laki-laki laki yang telah dewasa kecuali dalam keadaan darurat/terpaksa.Dan terhadap wanitapun kalau dalam keadaan darurat/terpaksa dibolehkan,misalnya kepada dokter atau perawat.
Sedangkan aurat wanita meliputi:
1. Seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan,baik ketika shalat maupun ketika bergaul/berhubungan dengan orang lain yang bukan mukhrin,kecuali dalam keadaan darurat/terpaksa.
2. Perhiasan,atau keindahan tubuh.Perhiasan yang dapat mempengaruhi pikiran atau nafsu laki-laki antara lain:
a. Pakaian ketak,mini dan tipis yang menampakkan sebagian aurat atau bentuk tubuh wanita,sebagaimana sabda Rasulullah SAW:”Ada dua macam termasuk ahli neraka yang aku belum pernah melihatnya,yaitu wanita kaasiah ariyah,mumilat,maalit,kepala mereka seperti punuk unta”(HR.Muslim,Ahmad dan Imam Malik).
Kaasiah ariyah menurut penjelasan Rasulullah SAW adalah orang yang berpakaian tipis sehingga nampak kulit dan badannya (Ibnul Arobi dan Tafsir al Qurthubi).Menurut Imam Nawawi:wanita itu menutup sebagaian anggota badannya dan membuka sebagian yang lain (Riyadhus Sholihin).Sedangkan Syaikh Muhammad bin Ibrahim mengatakan bahwa dia itu berpakaian sempit sehingga nampak anggota badannya seperti pantat,dua betisnya (Fatawa Rosa’il).
b. Rias wajah untuk mempercantik diri kecuali kepada suami yang didukung oleh pakaian yang dimaksud di atas.
c. Parfun kecuali kepada suami.Wanita tidak diboleh keluar rumah dengan memakai parfun termasuk ke masjid,sebagaimana sabda Rasulullah SAW:”Siapa saja wanita yang memakai parfun maka janganlah ikut sholat bersama kami pada waktu sholat isya yang terakhir”(HR.Muslim).
3. Gerak tubuh dan suara.
Gerak tubuh yang dimaksud,antara lain:
– berjalan lenggak lenggok yang menonjolkan gerakan pantak,sebagaiman hadist Nabi SAW yang telah disebutkan sebelumnya.
– Goyangan tubuh/joget,sebagaimana sabda Nabi SAW:”Sungguh akan ada manusia-manusia dari umatku meminum khamar,mereka menamainaya dengan nama yang lainnya,membuat kepala mereka bergoayang-goyang dengan berbagai alat musik dan biduan-biduan wanita,Allah memasukkan mereka ke dalam tanah dan akan menjadikan sebagian mereka menjadi kera dan babi”(HR.Ahmad dan Abu Daud).
– Pandangan,suara dan senyum yang menggoda laki-laki
4. Gambar wanita ataupun laki-laki yang menampakkan auratnya adalah termasuk auratnya karena memandangnya dapat mempengaruhi pikiran dan nafsu syahwat.
Bagi kita yang baru memahami aurat dan sebelumnya selalu melanggar syariatAllah dan rasul-Nya tentang aurat maka Allah yang maha Pengampun dan Penyayang akan memaafkanmu dan kembalilah ke dalam syariat Allah,tutuplah auratmu dan jagalah pandanganmu“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”(QS.An Nur:31).

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

desinta rama

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0