Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / HUBUNGAN GURU DENGAN ANAK DIDIK SECARA PROFESIONAL
HUBUNGAN GURU DENGAN ANAK DIDIK SECARA PROFESIONAL
1 Komentar | Dibaca 1044 kali
SAHABUDDIN @elsah
28 December 2014

10599429_1462332904024866_2892449229080703932_nGuru adalah manusia dewasa yang diberi beri amanah untuk mengajar,mendidik dan membimbing anak didik agar mejadii dewasa dalam arti memiliki keunggulan pengetahuan,sikap/prilaku dan ketrampilan yang berguna bagi dirinya,keluarga,masyarakat bangsa dan Negara.Dalam menjalankan amanahnya,guru senantiasa menjalin hubungan dengan anak didiknya.Guru juga manusia biasa,makanya dalam hubungannya dengan anak didik,kadang timbul masalah yang mengantar seorang guru ke dalam proses hukum atau diberhentikan sebagai guru,antara lain tindak kekerasan,pelecehan seksual,pencabulan atau pemerasan.Oleh karena itu,guru hendaknya lebih professional dalam menjalankan profesinya agar tidak terjadi masalah yang mrugikan kedua belah pihak.
Untuk menjaga profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya maka guru memiliki kesepakatan untuk mentaati kaidah/norma yang merupakan pedoman tingkah laku guru,yang disebut “Kode Etik Guru”.Dalam kode etik guru tersebut dijabarkan prilaku-prilaku guru dalam berhubungan dengan anak didiknya,yaitu:
a. Guru berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tuga didik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih,menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
b. Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati dan mengamalkan hak-hak dan kewajiban sebagai individu, warga sekolah,dan anggota masyarakat
c. Guru mengetahui bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik secara individual dan masing-masingnya berhak atas layanan pembelajaran.
d. Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan menggunakannya untuk kepentingan proses kependidikan.
e. Guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus-menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
f. Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan.
g. Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik.
h. Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan kepribadiannya, termasuk kemampuannya untuk berkarya.
i. Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.
j. Guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil.
k. Guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didiknya.
l. Guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya.
m. Guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya dari kondisi-kondisi yang menghambat proses belajar,menimbulkan gangguan kesehatan, dan keamanan.
n. Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi serta didiknya untuk alasanalasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan, hukum,kesehatan, dan kemanusiaan.
o. Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesionallnya kepada peserta didik dengan cara-cara yang melanggar norma sosial,kebudayaan, moral, dan agama.
p. Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan professional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.
Bila guru mentaati norma tersebut maka yakinlah hubungan guru dengan anak didik akan harmonis dan tidak menimbulkan masalah.Tetapi kepada Allahlah kita berharap untuk membimbing kita dalam berhubungan dengan anak didik,memohon perlindungannya dari tipudaya setan,karena setan senantiasa berusaha menuyuruh manusia berbuat dosa,tak terkecuali guru dan anak didik yang juga adalah manusia biasa.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Hanya satu komentar pada "HUBUNGAN GURU DENGAN ANAK DIDIK SECARA PROFESIONAL"

  1. YUSRA, S. Ag

     |
    December 28, 2014 at 7:49 pm

    Tulisan yang bagus

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

IDAHARYANI

SEDERHANA DALAM BERPENAMPILAN, AKTIF, KREATIF, INOVATIF, DAN SELALU MENGHENDAKI PEMBAHARUAN DALAM BEKERJA, ...
Daftar Artikel Terkait :  7
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0