Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / INKUIRI
INKUIRI
1 Komentar | Dibaca 556 kali
Khairullah, S.Pd.I @a7890
11 December 2014

Usai Munaqasah

Dms iain Banjarmasin

. Pengertian Inkuiri
Inkuiri didefenisikan oleh Piaget (Sund dan Trowbridge, 1973) sebagai pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan ekspremen sendiri, dalam arti luas melihat apa yang terjadi , ingin melakukan sesuatu, ingin menggunakan simbul – simbul dan mencari jawaban atas pertanyaan sendiri, menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan dengan yang ditemukan orang lain.
Kuslan stone (Dahar, 1991) mendefinisikan model inkuiri sebagai pengajaran, dimana guru dan anak mempelajari peristiwa0peristiwa dan gejala-gejala ilmiah dengan pendekatan dan jiwa para ilmuan. Pengajaran berdasarkan inkuiri adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan didalam suatu prosedur dan stuktur kelompok yang digariskan secara jelas (Hamalik, 1991).
Pendekatan Inkuiri adalah cara untuk menyampaikan sesuatu agar tercapai tujuan, cara melaksanakan, cara menyelidiki, taktik, siasat (poerwadarminto, 1976.
Menurut Nasution 1992 : 128 Pendekatan Inkuiri adalah merupakan proses belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menguji dan menafsirkan problema secara sistematika yang memberikan koonklusi berdasarkan pembuktian.
Berdasrkan beberapa pengertian tersebut diatas dapatlah disimpulkan bahwa pendekatan Inkuiri adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mempunyai kemampuan untuk bertanya, memeriksa sesuatu yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk membuat kesimpulan berdasarkan penyelidikan

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Hanya satu komentar pada "INKUIRI"

  1. KHOLIFAH

     |
    December 15, 2014 at 6:06 pm

    memang benar sekolah sebagai tempat anak belajar yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah namun sebaiknya sejak dini anak dikenalkan dengan tiga kata yang akan membentuk karakter anak. tiga kata itu adalah; 1) terimakasih, 2) tolong, dan 3) maaf. jika sejak dini anak telah mengamalkan sesuai dengan konteksnya maka insyaalloh anak-anak kita akan menjadi anak yang berbudi pekerti luhur seperti yang diamanatkan undang-undang.

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

teknolife

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0