Artikel Kategori // Pendidikan
Beranda / Pendidikan / INKUIRI
INKUIRI
1 Komentar | Dibaca 1537 kali
. Pengertian Inkuiri
Inkuiri didefenisikan oleh Piaget (Sund dan Trowbridge, 1973) sebagai pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan ekspremen sendiri, dalam arti luas melihat apa yang terjadi , ingin melakukan sesuatu, ingin menggunakan simbul – simbul dan mencari jawaban atas pertanyaan sendiri, menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan dengan yang ditemukan orang lain.
Kuslan stone (Dahar, 1991) mendefinisikan model inkuiri sebagai pengajaran, dimana guru dan anak mempelajari peristiwa0peristiwa dan gejala-gejala ilmiah dengan pendekatan dan jiwa para ilmuan. Pengajaran berdasarkan inkuiri adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan didalam suatu prosedur dan stuktur kelompok yang digariskan secara jelas (Hamalik, 1991).
Pendekatan Inkuiri adalah cara untuk menyampaikan sesuatu agar tercapai tujuan, cara melaksanakan, cara menyelidiki, taktik, siasat (poerwadarminto, 1976.
Menurut Nasution 1992 : 128 Pendekatan Inkuiri adalah merupakan proses belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menguji dan menafsirkan problema secara sistematika yang memberikan koonklusi berdasarkan pembuktian.
Berdasrkan beberapa pengertian tersebut diatas dapatlah disimpulkan bahwa pendekatan Inkuiri adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mempunyai kemampuan untuk bertanya, memeriksa sesuatu yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk membuat kesimpulan berdasarkan penyelidikan
Inkuiri didefenisikan oleh Piaget (Sund dan Trowbridge, 1973) sebagai pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan ekspremen sendiri, dalam arti luas melihat apa yang terjadi , ingin melakukan sesuatu, ingin menggunakan simbul – simbul dan mencari jawaban atas pertanyaan sendiri, menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan dengan yang ditemukan orang lain.
Kuslan stone (Dahar, 1991) mendefinisikan model inkuiri sebagai pengajaran, dimana guru dan anak mempelajari peristiwa0peristiwa dan gejala-gejala ilmiah dengan pendekatan dan jiwa para ilmuan. Pengajaran berdasarkan inkuiri adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa dimana kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan didalam suatu prosedur dan stuktur kelompok yang digariskan secara jelas (Hamalik, 1991).
Pendekatan Inkuiri adalah cara untuk menyampaikan sesuatu agar tercapai tujuan, cara melaksanakan, cara menyelidiki, taktik, siasat (poerwadarminto, 1976.
Menurut Nasution 1992 : 128 Pendekatan Inkuiri adalah merupakan proses belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menguji dan menafsirkan problema secara sistematika yang memberikan koonklusi berdasarkan pembuktian.
Berdasrkan beberapa pengertian tersebut diatas dapatlah disimpulkan bahwa pendekatan Inkuiri adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mempunyai kemampuan untuk bertanya, memeriksa sesuatu yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk membuat kesimpulan berdasarkan penyelidikan
Artikel Terkait
Hanya satu komentar pada "INKUIRI"
Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang
Penulis Lainnya

A.A.Pt. Dharma Pratyaksa Putra M.Pd
saya adalah guru di sekolah menengah pertama di Highscope BaliDaftar Artikel Terkait : 1
- Pidato Community Work 13 October 2014 - 04:04
Komentar Terbaru
- Etos Kerja Guru PNS yang Buruk 8 Tahun yang lalu
- Cetak Kartu Digital NUPTK/PegID 8 Tahun yang lalu
- Bangga memiliki email user@madrasah.id 7 Tahun yang lalu
- Syarat Mengikuti Verval Inpassing 7 Tahun yang lalu
- KITAB SIAP PADAMU NEGERI v1.0 8 Tahun yang lalu
Kategori
- Lain-Lain (979)
- Pendidikan (440)
- Informasi Umum (359)
- Opini & Ide (218)
- Tips & Trik (191)
- Teknologi (89)
- Internet & Media Sosial (80)
Kaitan Populer
KHOLIFAH
|memang benar sekolah sebagai tempat anak belajar yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah namun sebaiknya sejak dini anak dikenalkan dengan tiga kata yang akan membentuk karakter anak. tiga kata itu adalah; 1) terimakasih, 2) tolong, dan 3) maaf. jika sejak dini anak telah mengamalkan sesuai dengan konteksnya maka insyaalloh anak-anak kita akan menjadi anak yang berbudi pekerti luhur seperti yang diamanatkan undang-undang.