Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / KESURUPAN ROH MANUSIA,BENARKAH ITU ?
KESURUPAN ROH MANUSIA,BENARKAH ITU ?
0 Komentar | Dibaca 927 kali
SAHABUDDIN @elsah
24 December 2014

Dalam kehidupan kita,kadang kita mendengar cerita atau menyaksikan langsung saudara kita mengalami kesurupan atau kemasukan suatu kekuatan yang menguasai kesadaran/mengedalikan dirinya.Mereka kadang bicara dan mengaku dirinya sebagai penghuni kuburan keramat,orang tua yang telah meninggal,orang yang disakiti hatinya,atau orang yang mati terbunuh.
Contoh kasus:Seorang siswa yang kesurupan di sekolah penulis,mengaku sebagai seorang gadis yang bernama Saleha yang mati tertembak sekitar 60 tahun yang lalu.Lokasi penembakan kebetulan adalah lokasi yang dibanguni sekolah.Dia mengaku tinggal di salah satu WC siswa.Dia meminta agar didoakan dan dibacakan Al Quran di tempatnya.Pengakuannya sama dengan pengakuan orang yang menembaknya yang kebetulan tinggal di sekitar lingkungan sekolah.Hal inilah yang membuat,sebagian warga sekolah dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah percaya bahwa roh Saleha yang tertembak itu gentayang dan mengganggu siswa.
Namun ada yang mencurigakan bagi penulis yang menangani kasus kesurupan ini,antara lain:
1. Dia minta dibacakan Al Quran/Surat Yasiin di tempatnya (WC Siswa),padahal membaca Al Quran di tempat kotor seperti WC dilarang dalam Islam,kalau melakukan larangan berarti dosa,bukankah yang menyuruh kita berbuat dosa hanyalah setan ?.
2. Beberapa siswa mengellinginya membaca Al Quran di ruang perpustakaan sesuai dengan permintaannya,malah dia senang dan memegang Al Quran yang dibaca siswa.
3. Tetapi ketika penulis membacakan ayat Kursi,Al Ikhlas,Al Falaq dan An Annas dia malah menjerik kepanasan,sampai akhirnya keluar namun beberapa saat kemudian masuk lagi.Bukankah yang tidak tahan dengan bacaan Ayat Kursi hanyalah setan ?.
4. Penulis mencoba menyediakan dua gelas air.Yang satu sengaja dibacakan Ayat Kursi dan ketiga surat pengusir setan yang tersebut di atas,dan yang satunya tidak dibacakan lalu disuruh minum.Ternyata dia tak sanggup meminum air di gelas pertama yang katanya panas sekali,sedang gelas kedua mampu dihabiskannya.Bukankah hanya setan yang tak sanggup minum air yang telah dibacakan ayat-ayat Al Quran.
5. Ketika kesurupan berikutnya,dia membuat model kuburan di depan kelasnya dan menulis tanggal 19 Maret 2013 lalu menyuruh teman-temannya menabur bunga.Ketika ditanya,kuburan siapa itu dia menjawab “Kuburan Selfi yang akan saya ambil”.Pengakuan inilah yang membuat warga sekolah dan orang tua siswa menjadi takut,jangan-jangan Saleha benar-benar akan mengambil nyawa seorang siswa,tetapi nyatanya setelah tanggal 20 Maret 2013 siswa yang selalu kesurupan itu baik-baik saja.Bukankah hanya setan yang suka menakut-nakuti manusia dan suka berbohong ?.
Akhirnya penulis menemukan solusi bahwa cara menghentikan kesurupan tersebut adalah membimbing siswa terutama korban untuk melawan sendiri dengan memperbanyak zikir dan membaca Al Quran,meyakinkan siswa bahwa yang mengganggu Selfi adalah setan yang mengaku-ngaku sebagai manusia,itu hanya tipu daya setan yang suka menakut-nakuti yang tujuannya adalah untuk menyesatkan manusia.Kepercayaan warga sekolahpun terhadap arwah gentayangan berangsur-angsur berkurang dan akhirnya siswa percaya bahwa itu hanyalah setan dari bangsa jin yang mengku-ngaku sebagai manusia,yang hanya ingin menyesatkan manusia agar melakukan kesyirikan.Dengan semakin banyaknya siswa sudah tidak mempercayainya sebagai arwah manusia yang gentayangan,maka akhirnya setan itupun berhenti mengganggu siswa.
Akhirnya penulis berusaha mencari informasi tentang kebenaran adanya arwah manusia yang bisa masuk ke tubuh manusia lainnya ?.Tak satupun keterangan dalam Al Quran maupun hadist yang menjelaskan bahwa arwah manusia bisa masuk ke tubuh manusia lainnya.Keterangan yang ada hanyalah bahwa manusia setelah meninggal dan telah diperiksa oleh Malaikat Mungkar dan Nakir maka arwahnya dibawah ke tempat istrahatnya menunggu kiamat,arwah yang baik disimpan di tempat yang tinggi beserta kenikmatannya dan arwah yang buruk disimpan ditempat di bawah tanah beserta siksaannya.Antara alam dunia dan alam kubur dibatasi oleh dinding,oleh karena arwah-arwah yang telah menempati tempatnya di alam kubur tidak bisa ke mana-mana sampai datangnya hari kebangkitan (Simak QS.Al Mukminuun:99-100).
Dan Rasulullah SAW juga memberikan informasi bahwa hanya jin yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia lainnya, ’’sesungguhnya setan (jin) beredar didalam diri manusia seperti aliran darah ‘’(HR.Bukhari muslim).Setinggi-tingginya ilmu manusia,tidak ada yang diberi kemampuan untuk masuk kedalam tubuh manusia lainnya.Setan tahu bahwa manusia mudah percaya pada prasangka,oleh karena itu dengan pengakuannya sebagai manusia,manusia bisa mempercayainya apatah lagi setan itu mampu membukti persangkaan manusia itu,sehingga manusia mengikutinya,kecuali sebagian kecil manusia tak mau mengikutnya (lihat QS.Saba:20).
Dengan tipu daya seperti ini,setan menyesatkan manusia,merusak iman dan menyuruhnya dan melakukan amalan-amalan sesat seperti mempersembahkan sajian,memakai jimak atau jampi-jampi atau menyuruh mendatangi suatu tempat yang dianggap keramat.Janganlah tertipu,walaupun mereka mengaku sebagai Allah,sebagai Malaikat,sebagai Nabi,dan sebagai orang saleh,jangan dipercaya,jangan di ikuti kemauannya dan jangan di takuti apapun acamannya.Hanya kepada Allahlah kita takut dan hanya kepada-Nya kita berlindung.Dan jangan pula dipenuhi kemauan atau perintahnya sekalipun perintahnya itu untuk melakukan suatu ibadah,seperti membaca Al Quran,Shalat,Berzikir dan sebagainya,karena Allah melarang kita mentaati setan.Buktinya kalau kita membaca Al Quran atas permintaan setan maka setan tidak kepanasan tetapi kalau bukan permintaannya maka akan kepanasan,karena memenuhi permintaan setan justru akan membuat setan itu menjadi kuat.
Berdasarkan uraian di atas,maka jelaslah bahwa kesurupan arwah manusia adalah tidak benar,tidak ada arwah manusia yang mampu masuk ke dalam tubuh manusia lainnya,melainkan itu hanyalah tipu-daya setan untuk menyesatkan manusia.Oleh karena itu,marilah kita selalu waspada dan meminta perlindungan Allah dari gangguan dan tipu daya setan.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

NUR FADILAH

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0