Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / PAKAIAN MUSLIM MENURUT SYARIAT ISLAM
PAKAIAN MUSLIM MENURUT SYARIAT ISLAM
0 Komentar | Dibaca 1516 kali
SAHABUDDIN @elsah
28 December 2014

10698442_1537945839770402_3526483713136655313_n

Agama Islam sangat memperhatikan penampilan umatnya,antara lain dari cara berpakaiannya.Dari cara berpakaianlah bisa dibedakan yang mana muslim dan yang mana bukan muslim.Oleh Karen itu,Islam memberikan tuntunan bagi umatnya tentang cara berpakaian,yaitu dengan memakai pakaian muslim. Pakaian muslim adalah pakaian yang sesuai dengan syariat Islam,yaitu yang menutup aurat dan yang dapat menjaga pandangan orang lain yang bukan mukhrin.
1. Pakaian muslim laki-laki
Pakain muslim laki-laki meliki kriteria,antara adalah:
a. Menutup aurat,yaitu pakaian itu telah menutupi bagian tubuh yang menurut syariat harus ditutup yaitu mulai dari lutut sampai ke pusar.
b. Menjaga pandangan lawan jenis,antara lain pakaian itu tidak tipis,tidak ketat dan tidak mempakkan sebagian aurat.
c. Pakaian muslim dapat dikondisikan dengan tempat atau lingkungan tempat tinggal dengan memperhatikan norma-norma kesopanan.Jadi tidak ada keharusan memakai songkok putih,serban atau jubah,namun suatu keutamaan bila memakainya karena bisa membedakan dengan umat lainnya.
d. Sebaik-baik pakaian muslim adalah;
“Berpakaianlah dengan pakaian berwarna putih,karena warna putih itu sebaik-baik pakaianmu”(HR.Abu Daud)
“Dan angkatlah pakaian bawahmu sampai setengah betis,jika kamu enggang,maka sampai kedua mata kaki”(HR.Abu Daud)
e. Seburuk-buruk pakaian orang yang beragama Islam adalah:
“Barangsiapa yang menjulurkan pakaiannya karena sombong maka Allah tidak akan memandangnya pada hari kiamat”(HR.Bukhari)
“Pakaian bawah yang menutupi mata kaki dia itu di neraka (HR.Bukhari)
f. Tidak ada istilah pakain haji dalam Islam,yaitu harus memakai songkok atau serban putih dan tidak ada larangan bagi orang telah behaji untuk tidak memakai songkok.Islam tidak melarang laki-laki yang belum berhaji memakai songkok atau serban putih.Pakain haji dalam Islam adalah pakaian ihram ketika sedang menjalankan ibadah haji.
g. Islam melarang laki-laki berpakaian yang terbuat dari sutera dan memakai perhiasan emas.”Rasulullah melarang laki-laki memakai emas dan sutra,dan halal bagi wanita”(HR.Bukhari,Muslim,Ahmad dan Nasai).
h. Islam melarang laki-laki memakai pakaian sehingga menyerupai perempuan.

2. Pakaian muslim wanita
Kriteria pakaian muslim wanita adalah seperti pakaian muslim laki-laki,yaitu:
a. Menutup aurat,yaitu pakaian yang menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan
b. Menjaga pandangan laki-laki yang bukan mukrim,antara lain tidak tipis,tidak menampakkan sebagian anggota tubuh yang termasuk aurat dan bukan pakaian yang ketat yang bisa menampakkan bentuk tubuh,yaitu bentuk betis,paha,pantat,atau buah dada.
c. Khusus istri nabi dan putri nabi diwajibkan memakai cadar yaitu kain yang menutupi muka kecuali kedua mata sedangkan istri atau putri orang muslim tidak diwajibkan memakai cadar.Yang diwajibkan adalah memakai kain kudung/jilbab yang menutupi dadanya.Dan bagi bagi istri orang mukmin diwajibkan memakai jilbab yang menjulur ke seluruh tubuhnya.
d. Seperti halnya laki-laki,tidak ada pakaian khusus wanita yang telah berhaji.Pakaian muslim yang telah berhaji sama dengan pakaian muslim yang belum berhaji.
e. Wanita yang berjilbab tetapi bercelana ketat,atau jilbabnya tidak menutupi dadanya bukanlah pakaian muslimah,apalagi bila memakai pakaian seperti pakaian laki-laki (celana panjang).Rasulullah bersabda;”Allah melaknak laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki dalam hal penampilan dan pakaian”(HR.Bukhari,Muslim dan Abu Daud).Fatwa ulama Saudi Arabia:”Tidak boleh wanita mengenakan pakaian ketatkarena yang demikian ini akan menampakkan bentuk badannya dan umumnya membangkitkan fitnah dan celana umumnya sempit memperlihatkan bentuk badannya”.(al Fatawa al Jamiah lil Mar’atil Muslimah).

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

andikulit

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  6

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0