Artikel Kategori // Opini & Ide
Dunia pendidikan Indonesia menganut satu teori aneh yang mengatakan bahwa kurikulum pendidikan harus diperbarui dalam rentang waktu tertentu. Hal ini untuk memperlihatkan inovasi di dunia pendidikan Indonesia. Teori inilah yang menjadi biang keladi kekacauan pendidikan saat ini, di mana pelajar sekolah tanpa belas kasihan dijadikan sebagai kelinci percobaan. Mungkin kita masih ingat pelajaran sekolah dulu dalam pelajaran Fisika, bahwa dalam metode ilmiah, suatu teori bisa saja diperbarui (bukan digantikan) oleh teori lain manakala terjadi satu keterbatasan teori dalam ketidakmampuannya menjelaskan fenomena alam. Namun apa yang terjadi sekarang di dunia pendidikan adalah, inovasi pendidikan harus terus terjadi meskipun tidak ada keterbatasan yang ditemukan. Insan pendidikan seolah tidak mau disebut mandeg gara-gara tidak dapat membuat sebuah perubahan. Celakanya lagi, motivasi ini dijadikan sebagai alat politik oleh segelintir orang tanpa sedikit pun menggunakan metode ilmiah dalam pemikirannya! Saya sebagai orang baru di dunia pendidikan ingin berdiskusi kepada kawan-kawan, apakah selamanya perubahan itu harus terjadi? Sudah sejauh manakah kita memegang prinsip-prinsip kebenaran dan jiwa ilmiah dalam mencurahkan segala potensi kita dalam inovasi pendidikan?
Artikel Terkait
Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang
Penulis Lainnya

HARYONO
Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya- PEMBINAAN GURU MADRASAH WILAYAH KECAMATAN MELAYA KAB. JEMBRANA 19 March 2014 - 10:49
Komentar Terbaru
- Etos Kerja Guru PNS yang Buruk 9 Tahun yang lalu
- Cetak Kartu Digital NUPTK/PegID 9 Tahun yang lalu
- Bangga memiliki email user@madrasah.id 8 Tahun yang lalu
- Syarat Mengikuti Verval Inpassing 7 Tahun yang lalu
- KITAB SIAP PADAMU NEGERI v1.0 9 Tahun yang lalu
Kategori
- Lain-Lain (983)
- Pendidikan (446)
- Informasi Umum (360)
- Opini & Ide (218)
- Tips & Trik (192)
- Teknologi (93)
- Internet & Media Sosial (83)
Kaitan Populer