Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / PRO dan KONTRA PELAKSANAAN KURIKULUM 13
PRO dan KONTRA PELAKSANAAN KURIKULUM 13
2 Komentar | Dibaca 1017 kali

Suara gemuruh terdengar di mana-mana.Ada yang mendukung, ada pula yang tidak mendukung. Ada yang termotivasi, ada pula yang terbebani. Itulah perjalanan Kurikulum 13. Banyak yang bilang bahwa Kurikulum 13 pelaksanaannya terlalu rumit pada penilaian peserta didik itu sendiri, bukannya rumit pada pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Pada kebanyakan guru sangat termotivasi pada proses belajar mengajar di kelas menggunakan Kurikulum 13. Tetapi pada kebanyakan guru pula banyak yang mengeluh pada administrasi penilaian peserta didiknya yang terlalu rumit. Pada intinya para guru menyukai proses belajar mengajar di kelas ala Kurikulum 13. Tetapi, para guru merasa keberatan pada administrasi penilaiannya. Bahkan pada kebanyakan guru ada yang bilang " Tidak apa-apa kalau pelaksanaan proses belajar mengajarnya menggunakan ala Kurikulum 13 tetapi, untuk penilaiannya menggunakan ala KTSP 2006, dan Raportnya tidak perlu diganti ".

Tetapi menurut saya, Semua itu terjadi karena pelaksanaannya yang terburu-buru. Sebelum dilaksanakan Kurikulum 13 alangkah baiknya dipersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya. Mulai dari buku pegangan gurunya,buku pembelajaran siswanya,alat bantu (media pembelajarannya), dan yang paling utama Pelatihan/Diklat Kurikulum 13 pada semua guru, dan pelaksanaannya harus serempak dan kompak…pak…pak……….hehe.

Pendidikan bukan untuk dicoba-coba, tetapi pendidikan untuk didukung dan dimajukan. Kalo dicoba-coba akhirnya …….ya beginilah………………. Intinya sayang biaya yang dikeluarkan dengan sia-sia.

Salam kompak………………semangat………….