Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / sukses ujian nasional
sukses ujian nasional
0 Komentar | Dibaca 872 kali
AGUS WAHIDI @aguswahidi
23 January 2015

SUKSES UJIAN NASIONAL

Oleh : Agus Wahidi, S.Pd, M.Pd *

(Guru SMA N 1 Singkawang/ NIP. 197508252006041005)

 

Ujian nasional tinggal menghitung hari lagi, sebuah pertaruhan nasib dan nama baik bagi sekolah maupun siswa dan lebih luas lagi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Ujian nasional sebagai tolok ukur keberhasilan siswa dalam belajar selama 3 tahun di SMA atau di SMP . Ujian nasional sebagai sarana kompetisi antar sekolah untuk menunjukkan kualitas sekolah. Sekolah yang mampu meluluskan 100% siswanya maka sekolah tersebut menjadi sekolah yang berprestasi dari perspektif masyarakat umumnya.

Berbagai respon masyarakat tentang ujian nasional mewarnai rumor dan isu dimedia masssa dan diskusi pendidikan. Ada sebagaian masyarakat setuju dengan ujian nasional karena merupakn sarana standarisasi mutu pendidikan secara nasional. Pendapat ini mengacu pada teori kondisional yang mengharapkan suatu subsistem akan beradaptasi dengan tuntutan yang dipatokkan.Dengan asumsi bahwa standar kemampuan yang diajukan adalah kemampuan yang minimal dari bervariasi nya kondisi sosio cultural dan sarana dan prasana sekolah yang ada dalam lingkup nasional. Bahkan sekolah yang diluar negeri yang memakai kurikulum nasional ikut serta dalam ujian nasional. Dengan standar kompetensi minimal yang diujikan diharapkan semua siswa di seluruh Indonesia mampu untuk mengerjakan soal ujian nasional. Dilain pihak ada masyarakat yang tidak setuju karena terlalu mengkultuskan hasil ujian nasional membuat masyarakat sekolah, dinas pendidikan yang mempunyai pandangan bahwa keberhasilan belajar di Sekolah ditentukan oleh ujian nasional, terkadang membuat sekolah dan dinas pendidikan tersebut memilih jalan pintas, karena ketidak siapan siswa maupun sekolah. Ketidak siapan ini mengkristal pada suatu tindakan kecurangan dalam meraih hasil ujian nasional yang tinggi. Mungkin kalau sekolah dan masyarakat pendukung sekolah baik formal maupun informal siap menghadapi ujian nasional tidak terjadi kecurangan-kecurangan yang menodai citra pendidikan nasional. Jadi permasalahan pro dan kontra terhadap ujian nasional adalah masalah kesiapan atau tidaknya sekolah menghadapi ujian nasional.

Kesiapan ujian nasional, ada beberapa hal yang menentukan yaitu kesiapan materi, mental, dan teknis. Kesiapan materi ini berhubungan dengan kesiapan penguasaan kompetensi dasar yang diujikan. Penguasaan kompetensi ini sebagai manifestasi kurikulum KBK yang diterapkan dalam system pendidikan nasional. Jika benar-benar pembelajaran yang dilakukan berbasiskan kompetensi maka tidak ada kata khawatir dalam menghadapi ujian nasional. Sedangkan kesiapan mental akan timbul ketika siswa sudah mengusai kompetensi dan percaya diri penuh untuk menghadapi ujian nasional.Dan kesiapan teknis ini yang jarang diperhatikan oleh siswa maupun sekolah, kecenderungan yang ada kegiatan untuk kesipan teknis dilakukan dalam tataran formalitas sa