Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Mengenal Konsep Eloquent ORM pada Laravel
Mengenal Konsep Eloquent ORM pada Laravel
0 Komentar | Dibaca 746 kali

Bagi pengguna Laravel yang sudah terbiasa dengan seluk beluknya pasti sudah mengenal konsep Eloquent ORM. Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai konsep Eloquent ORM, kita perlu tau terlebih dahulu apa itu ORM. ORM (Object Relational Mapping) bisa dikatakan sebagai jembatan yang menghubungkan antara objek yang didefinisikan di dalam kode program dengan database. Dimana objek itu dapat disimpan, diubah, dihapus dan sebagainya.

ORM itu semacam teknik yang digunakan oleh programmer untuk memetakan sebuah Objek dengan Database. Dengan memanfaatkan ORM ini, kita dapat melakukan aksi-aksi yang diperlukan terkait komunikasi objek ketika program dijalankan dengan database, contohnya seperti menyimpan objek, mengambil data dari database untuk ditampilkan dalam program, mengubah data objek, menghapus objek, dan lain-lain. 

Konsep Eloquent ORM pada Laravel

Nah, kira-kira apa anda sudah punya bayangan mengenai konsep ORM ini, saya harap anda dapat memahami sebagai tambahan ilmu pengetahuan anda. Okay saatnya kita lanjut ke topik utama. Karena laravel pada dasarnya mendukung konsep OOP, maka bukan hal yang mustahil bila kita juga memanfaatkan konsep ORM ini pada framework Laravel. Di laravel kita akan mengenal yang namanya Eloquent. Eloquent merupakan sebuah ORM yang dapat dikatakan sangat membantu sekali bagi web developer pengguna laravel.

Pada laravel, setiap model hasil turunan dari Eloquent akan mewakili sebuah table pada database. Tapi anda perlu memperhatikan 1 hal yakni, meskipun sebuah model mewakili sebuah tabal, namun dalam pratiknya terkadang kita seringkali menggunakan beberapa model untuk mengambil data dari database. Kita bisa memanfaatkan relationship pada database untuk mengambil data dari banyak tabel sekaligus.

Jadi kesimpulannya adalah kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh laravel untuk melakukan query ke database dengan memanfaatkan konsep ORM itu tadi, sehingga akan terasa lebih fleksibel. Selain itu kita juga lebih gampang dalam memahaminya dan kode programpun akan tampak lebih terorganisir

Itulah beberapa hal tentang konsep Eloquent ORM yang bisa saya sampaikan. Semoga Bermanfaat 😀

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

sarah amalia

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  3
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0