Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Mengenal Package Cartalyst Sentry pada Laravel
Mengenal Package Cartalyst Sentry pada Laravel
0 Komentar | Dibaca 813 kali

Package pada laravel bisa dibilang sebagai suatu Library dan Helper yang terdapat pada suatu Framework. Bagi para web developer yang sudah terbiasa menggunakan Framework sebagai "teman kerjanya", pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Package.

Adapun yang perlu kita ketahui tentang pemanfaatan package adalah, dalam membuat suatu aplikasi Laravel dimana setiap orang bisa melakukan proses registrasi dan login melalui berbagai social media. Kita tidak perlu dibuat pusing untuk membuat satu-satu fungsi dalam mengolah proses-proses tersebut. Karena dengan ada package kita bisa memanfaatkan Library yang sudah disediakan sebelumnya tanpa membuat kembali dari awal. Jadi intinya, kita hanya cukup mengetahui Library-library apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kita dalam membuat sebuah aplikasi.

Salah satu contoh Package Laravel adalah Cartalyst Sentry. Cartalyst Sentry cukup banyak digunakan dalam Framework laravel. Seperti yang dijelaskan dalam situs resminya, Cartalyst Sentry memerlukan PHP 5.3+ dan dibundel dengan Laravel 4 dalam pengoperasiannya. Jika kita lihat dalam situs tersebut, akan dijelaskan tentang dasar-dasar penggunaan Cartalyst Sentry yakni mulai dari awal penggunaan(instalasi), integrasi, autentikasi, manajemen group, manajemen user, dsb. Anda bisa  melihatnya sendiri di situs ini.

Jika kita lihat tentang betapa bergunanya pemanfaatan package dalam membuat sebuah aplikasi. Dapat kita simpulkan bahwa kita dapat menghemat waktu yang kita miliki dalam membuat function, karena sudah disediakan oleh package itu sendiri. Proses pengerjaanpun akan terasa lebih mudah dan cepat.