Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / PENELITIAN GURU SMP
PENELITIAN GURU SMP
0 Komentar | Dibaca 721 kali

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS
PARAGRAF DEDUKTIF MELALUI METODE
PARTISIPATORI SISWA

Oleh: Yayun Endah Suryaningsih S.Pd
Guru SMP Negeri 1 Tambak Gresik

Salah satu yang terpenting dalam bentuk aktivitas dalam dunia pendidikan menstrasformasikan ide, gagasan mengenai disiplin ilmu tertentu adalah mengajar. Mengajar menuntut adanya bentuk profesionalisme dari seorang guru. Perubahan sebagai hakekat dari pendidikan menuntut komplektivitas dan keserasian dalam pelaksaannya, hal inilah yang senantiasa mendasari adanya perubahan tersebut secara dinamis, mengajar secara klasikal tidak lagi dianggap sebagai cara paling tepat menyampakan pengetahuan kepada peserta didik. Ada cara lain yang dianggap lebih baik perlu diterapkan.
Berdasarkan pemaparan di atas maka kami memiliki inisiafit untuk mengadakan penelitian terhadap “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF MELALUI PENDEKATAN METODE PARTISIPATORI SISWA KELAS IX-C SMP NEGERI 1 TAMBAK GRESIK TAHUN 2014”. Bahasa memiliki peranan penting dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Selain itu, juga merupakan penunjang keberhasilan peserta didik dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara baik dan benar, baik secara lisan maupun secara tulis. Keterampilan bahasa tulis dan lisan dalam kurikulum KTSP maupun Kurikulum Berkarakter diberi peluang yang sama, ini berarti dua keterampilan tersebut harus sama-sama dikuasai oleh siswa. Termasuk di dalamnya siswa SMP Negeri I Tambak. Dalam kenyataan sehari-hari, dua keterampilan tersebut kurang dikuasai dalam penggunaannya oleh siswa-siswa di SMP Tambak, terutama keterampilan menulisnya.ccccc
Kemampuan berbahasa, tercakup dalam empat aspek keterampilan, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan mendengarkan dan membaca disebut kemampuan reseptif, sedangkan kemampuan berbicara dan menulis disebut kemampuan produktif. Kemampuan reseptif dan kemampuan produktif merupakan dua sisi yang saling melengkapi Sakdiyah, (28 – 09 – 2009).
Diantara keempat keterampilan di atas, pada aspek menulis inilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian, karena pada aspek ini relatif sulit.Dan pada aspek ini pula, siswa harus mampu menyusun paragraf deduktif. Materi menyusun paragraf deduktif merupakan penjabaran dari Kompetensi Dasar; menulis karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf. Pada aspek keterampilan