Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Acara & Kegiatan

Beranda / Acara & Kegiatan / MGMP IPA Sleman: Semangat Baru!
MGMP IPA Sleman: Semangat Baru!
0 Komentar | Dibaca 1600 kali

Guru sebagai sebuah profesi harus selalumeng-upgrade diri, baik segi profesionalitas maupun kompetensi. Implementasi praktis dari kegiatan aktualisasi diri guru adalah melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Melalui forum MGMP inilah guru bisa saling berbagi dan melakukan inovasi pembelajaran maupun keprofesian secara berkelanjutan. Harapannya, kedepan organisasi MGMP ataupun organisasi profesi guru mendapatkan peran sentral dalam hal sertifikasi guru, sebagaimana umumnya berlaku di negara maju.

Berikut ada kutipan kegiatan MGMP IPA SMP Kabupaten Sleman. Mudah-mudahan artikel ini menginspirasi rekan-rekan guru untuk terus belajar menjadi guru profesional, guru sesuai zamannya, dan guru yang kelak akan dikenang dan dirindukan siswanya. Hidup guru Indonesia. Mungkin sekarang kita bukan pahlawan tanpa tanda jasa, tetapi kita masih bisa menjadi pahlawan yang besar jasanya.

Bedah SKL MGMP IPA

Sabtu, 7 dan 14 Maret 2015, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kabupaten Sleman menggelar Bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional Tahun 2015 dan Pembinaan Profesionalisme Guru. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula SMP Negeri 1 Sleman dengan menghadirkan tidak kurang dari 150 guru IPA SMP se-Kabupaten Sleman.

Kegiatan MGMP dimulai dengan pemaparan program kerja pengurus dan Gerakan Guru Online untuk penyebaran informasi dan materi kependidikan IPA. “Untuk periode kepengurusan 2015, MGMP IPA Kabupaten Sleman bergerak memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Semua informasi kependidikan IPA akan diarahkan secara online melalui website dan jejaring social. Harapannya, informasi bias lebih cepat dan lebih mudah terakses oleh guru-guru IPA Sleman khususnya, maupun Indonesia pada umumnya.” Demikian disampaikan Khasbi Khamdani, Ketua MGMP IPA.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ibu Dra. Sri Wantini, Ketua Bidang Pembinaan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman. “Disdikpora berharap pertemuan MGMP IPA dapat berjalan rutin untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru IPA. Dinas berusaha memfasilitasi guru-guru dalam hal penulisan karya tulis ilmiah dengan melakukan penerbitan jurnal pendidikan. Banyak sekali kesempatan untuk mengikuti diklat dan pelatihan di luar negeri untuk guru tetapi belum banyak peminatnya.” Demikian disampaikan Sri Wantini.

Kegiatan MGMP diakhiri dengan sesi diskusi dan perumusan indikator soal pemantapan Ujian Nasional 2015. Dalam kesempatan ini bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Harsono, S. Pd dari SMP Negeri 2 Kalasan untuk materi IPA Biologi dan Bapak Khasbi Khamdani, S. Pd dari SMP Negeri 1 Sleman untuk materi IPA Fisika. Kegiatan berlangsung hingga pukul 14.00 WIB diakhiri dengan penugasan kelompok kerja (Pokja) untuk membuat masing-masing paket latihan pendalaman materi. (Ary Gunawan)

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

POPOH HAPADOH

Senang bergaul, humoris, tapi kadang suka kebablasan juga sih. ya......kadang-kadang suka nyanyi juga, kei ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0