Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / MENCEGAH DAN MENGATASI KESURUPAN JIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH
MENCEGAH DAN MENGATASI KESURUPAN JIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH
0 Komentar | Dibaca 1141 kali
SAHABUDDIN @elsah
08 April 2015

DSC_0003668

Akhir akhir ini sering kali terjadi penomena siswa kesurupan di lingkungan sekolah,termasuk yang pernah terjadi di sekolah penulis yaitu SMP Negeri 2 Tarowang Kab.Jeneponto. Fenomena ini cukup membuat pusing guru dan orang tua siswa karena selain menggangu siswa juga mengganggu proses belajar mengajar di sekolah, mengapa hal ini sering terjadi pada akhir akhir ini ?. Dahulu kasus kesurupan hanya dialami oleh perorangan yang tinggal dipedesaan , dan jarang terjadi di perkotaan. Namun akhir akhir ini justru kasus ini banyak terjadi pula di daerah perkotaan, dalam skala yang besar. Kesurupan bukan hanya dialami satu atau dua orang tapi sampai puluhan orang dalam waktu bersamaan, sehingga cukup merepotkan guru atau mendatangkan ustaz atau mungkin paranormal yang berusaha mengatasi kasus tersebut.
Menurut pengetahuan yang berkembang di masyarakat kesurupan terjadi karena adanya mahluk halus ruh atau jin atau kekuatan yang merasuk kedalam tubuh seseorang. Kadangkala orang yang kesurupan berbicara dengan bahasa lain yang pada kenyataannya tidak dikuasai oleh orang yang kesurupan tersebut. Tekanan dan Nada suarapun berubah dari biasanya. Adakalanya orang yang kesurupan mengaku sebagai ruh nenek moyangnya , penunggu pohon , rumah atau tempat tertentu, atau salah seorang tokoh masyarakat dimasa lalu. Di sekolah penulis, siswa yang kesurupan mengaku sebagai ruh seorang gadis yang bernama Saleha,yang mengaku tertembak 60 tahun yang lalu (dibenarkan oleh pelaku penembakan),dia mengaku tinggal di salah satu WC Siswa.Mengaku pula memasuki korban karena menyukai korban dan ingin menjadikannya sebagai teman.Sedangkan siswa kesurupan lainnya mengaku bernama Murni,sebagai penghuni Jembatan Canda di Kel.Tolo Selatan Kec.Kelara Jeneponto.
Banyak di antara kita yang tertipu oleh ucapan orang yang kesurupan tersebut menyangka itu betul ruh nenek moyangnya atau ruh manusia yang gentayangan karena mati secara tidak wajar,sehingga di antara kita menyelesaikan kasus kesurupan ini dengan memenuhi permintaannya, seperti diberikan sesajen,dibacakan Al Quran di tempatnya.Padahal semua semua itu adalah tipu daya setan golongan Jin yang merasuk kedalam tubuh orang yang kesurupan. Dalam Qur’an dikatakan bahwa Ruh orang yang sudah meninggal tidak bisa berhubungan dengan orang yang masih hidup , karena antara mereka dengan kehidupan manusia dipisahkan oleh dinding yang amat kuat (barzakh) sebagaimana disebutkan dalam surat Al Mukminun ayat 99-100.
Peristiwa kesurupan terjadi akibat Jin yang masuk kedalam tubuh manusia mempengaruhi fikiran dan gerak tubuh orang tersebut. Jin biasanya masuk melalui ubun –ubun hingga separuh badan atau sepenuh tubuh. Jika ia masuk separuh badan Jin hanya menguasai bagian atas tubuh , ia berbicara dan menggerakan tangannya sesuai dengan keinginan Jin tersebut. Orang yang dirasuki Jin tersebut bisa mendengar ucapan yang keluar dari mulutnya namun tidak berdaya untuk menahan lidahnya dari mengucapkan kata kata yang dinginkan mahluk Jin yang merasukinya, ia juga tidak mampu mengontrol gerak tangan dan mimik wajahnya. Gerak tangan, mimik wajah dan kata-kata yang diucapkannya sepenuhnya dikendalikan oleh mahluk Jin yang merasukinya.
Jika Jin masuk sepenuh badan , orang yang dirasuki Jin tersebut akan hilang kesadarannya. Ia tidak tahu apa yang diucapkan atau dilakukannya, seluruh tubuhnya sepenuhnya dibawah kontrol mahluk Jin yang memasuki tubuhnya. Ia baru sadar setelah mahluk Jin tersebut keluar dari tubuhnya. Jika ditanya hal yang dilakukan selama kesurupan ia tidak akan bisa menjelaskan, karena ia memang tidak mengetahuinya, saat itu ia berada dalam keadaan tidak sadarkan diri. Dalam keadaan kesurupan biasanya tenaga orang tersebut menjadi berlipat ganda sehingga bisa melepaskan diri walau dipegang oleh tiga orang,atau bisa berbuat sesuatu yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.
Sebab-sebab masuknya jin ke dalam tubuh siswa
Ada beberapa penyebab masuknya jin ke dalam tubuh siswa,antara lain:
1. Kondisi jiwa siswa yang sedang labil,kacau,kosong,dan tidak mempunyai pegangan hidup yang kuat untuk melindungi dirinya dari gangguan setan.
2. Kemarahan jin karena habitatnya terganggu,seperti pihak sekolah menebang salah satu pohon dan membongkar salah satu bangunan tua yang kebetulan adalah tempat tinggalnya.
3. Keinginan sendiri jin itu karena ngin menyesatkan iman warga sekolah atau orang tua siswa dengan meminta berbagai persyarakatan untuk membebaskan siswa tersebut.
4. Tanpa sengaja mengganggu kediaman jin,seperti rebut-ribut di salah satu ruangan/tempat yang kebetulan didiami oleh jin.
5. Siswa tersugesti terhadap hal-hal yang berbau mistik,misalnya karena telah atau terbiasa menonoton film setan-setan di TV atau media lainnya yang menimbulkan ketakutan atau selalu membayangkan setan sehingga setan mudah memasukinya.
Mencegah dan mengatasi kesurupan
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh warga sekolah guna mencegah dan mengatasi terjadinya kesurupan di kalangan siswa,antara lain:
1. Menanamkan akidah yang benar terhadap siswa,antara lain jangan memakai jimak/mantra atau jampi-jampi,senantiasa berdoa keluar rumah,senantiasa mengisi jiwa/hati dengan banyak mengingat Allah.
2. Jangan mempercayai ucapannya bila mengaku sebagai roh manusia yang gentayangan atau roh nenek moyang,karena itu hanyalah tipu daya setan dari bangsa jin yang ingin menyesatkan kita.Kekuatan kita dalam membantu siswa yang kesurupan tergantung pada keyakinan.kalu kita percaya omongannya sebagai roh manusia maka kita akan dipandang lemah,tetapi kita percaya itu sebagai setan maka kita akan kuat melawannya.
3. Jangan memenuhi permintaannya sekalipun permintaannya itu adalah sebuah amalan ibadah,misalnya menyuruh kita membaca Al Quran di tempatnya apalagi permintaan yang mengandung kesyirikan,karena apapun permintaan setan tidak boleh kita penuhi.
4. Atasilah kesurupan itu dengan cara yang diajarkan agama yaitu dengan membacakan ayat-ayat pengusir setan pada air lalu minumkan atau kepada siswa yang kesurupan dan kalau perlu ditambah dengan daun bidara,sedapat mungkin hindari meminta bantuan dukun untuk menanganinya.
5. Usahakan siswa yang kesurupan kalau perempuan ditangani oleh perempuan namun kalau terpaksa boleh laki-laki asalkan jangan menyentuh kulit,karena menyentuh kulit yang bukan muhrim itulah yang disukai oleh setan.
6. Bila kesurupan masih tetap menyerang siswa maka berilah bimbingan khusus kepada korban untuk mengatasi masalahnya yang mungkin membuat jiwanya labil dan membimbingnya memperkuat pertahanan diri dengan banyak berzikir,rajin berbadah atau banyak membaca Al Quran.
Demikianlah beberapa informasi tentang cara mengatasi kasus kesurupan yang melanda siswa di sekolah yang penulis ambil dari berbagai sumber dan juga pengalaman penulis dalam menangani kasus kesurupan siswa di sekolah,dan kuncinya adalah kekuatan ada pada diri siswa atau korban.Kalau siswa kuat maka setan tidak akan sanggup mengganggunya,namun bila siswa lemah maka berapapun yang berusaha mengusir setannya namun setan masih akan tetap mengganggunya.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

AYI ROHMAH

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0