Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Buku

Beranda / Buku / CHAIRUL TANJUNG: FROM ZERO TO HERO
CHAIRUL TANJUNG: FROM ZERO TO HERO
0 Komentar | Dibaca 946 kali

IDENTITAS BUKU

Judul : Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Penulis : Tjahja Gunawan Direja

Penerbit : kompas

Tebal : xvi + 384 hlm.; 15 x 23 cm

Tahun terbit : 2012

Peresensi : jhon"s Faqih, S.Pd.I

 

Buku ini merupakan buku yang memuat biografi seorang Chairui tanjung secara lengkap mulai dari latar belakang kehidupan masa lalunya di daerah kumuh di pinggiran kota Jakarta yang serba susah hingga kehidupaNnya dimasa kini yang sukses luar biasa.

Biografi Chairul tanjung ini diawali dengan kisah bagaimana ditengah keterbatasan kondisi ekonomi keluarga, chairul tanjung mampu melanjutkan pendidikanya ke perguruan tinggi, dan kedua orang tuanya pun sangat tegas dalam mendidik anak – anaknya, termasuk chairul tanjung. Orang tuanya memiliki prinsip, “agar bisa keluar dari jerat kemiskinan pendidikan merupakan langkah yang harus ditempuh dengan segala daya dan upaya.” Apapun akan mereka lakukan demi pendidikan anak – anaknya sebagai bekal utama dikehidupan anak – anak mereka kelak.

Halimah, sang bunda,demi memenuhi pembayaran uang kuliah pertama Chairul Tanjung yang sebesar Rp 75.000 (yang tentu nilainya sangat besar waktu itu) di FKG-UI , bahkan dengan lapang dada, rela menggadaikan kain halus miliknya.

Bab – bab berikutnya masih menceritakan masa – masa muda seorang Chairul Tanjung, saat –saat menjadi mahasiswa sampai kisah awalnya menjadi wirausaha. Tahun 1987, Chairul Tanjung menjadi kontraktor pembangunan pabrik sumpit di Citeureup, bogor, seluas 800 meter persegi. Bisnis waktu itu hanya bermodalkan kepercayaan antara Chairul selaku kontraktor dan Mr. Wong sebagai pemesan. Dan semua modalnya dari Chairul Tanjung sendiri. Untung tak bisa diraih, malang tak bisa ditentang, baru selesai setengah jalan, pemilik pabrik tersebut bangkrut. Namun pada saat yang sama, karena keuletannya beliau mendapat bantuan dari kliennya untuk mendirikan pabrik sepatu tapi di akhir cerita malah menjadi pabrik sandal.

Buku ini juga mengisahkan kehidupan rumah tangga dan keluarga chairul tanjung, ketika beliau bertemu dengan perempuan jawa, Anita Ratnasari , yang tegas dan tegar.

Chairul Tanjung juga mengungkapkan bahwa, baginya ibu adalah segalanya. Beliau percaya bahwa surga ada di bawah telapak kaki ibu. Beliau juga berpendapat “bila kita benar–benar berbakti kepada ibu sepenuh hati dan ikhlas, maka surga akan kita gapai di dunia “ hal inilah yang telah beliau alami dalam kehidupan nyatanya.

Chairul juga menyampaikan pandangan– pandangannya mengenai persoalan ekonomi dan menceritakan aktivitasnya sebagai pengusaha. Beliau mengembangkan para group, kemudian mengganti nama perusahaannya menjadi CT Corp yg terdiri dari tiga perusahaan subholding yaitu Mega Corp yang merupakan perusahaan induk untuk jasa keuangan yang melayani masyarakat di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan, dan pasar modal, kemudian Trans Corp yang merupakan perusahaan induk yang bergerak di bisnis media, gaya hidup, dan hiburan. Dalam perusahaan ini terdapat dua stasiun TV yaitu, Trans TV danTrans 7, portal berita Detik, dan perusahaan Ritel careefour, lalu ada CT Global Resource yang menjadi perusahaan induk yang fokus pada bisnis perkebunan

Buku ini memiliki cerita yang sanggat menarik karena ada banyak hal yang bisa dipelajari dari buku ini seperti baktinya seorang anak kepada ibunya, tetap semangat kerja keras serta keuletan untuk menggapai kesuksesan, dan masih banyak lagi yang bisa di pelajari. Bahasa penuturan yang digunakan pun sederhana dan mudah dicerna oleh berbagai kalangan. Sayangnya kualitas penjilidan buku ini tidak begitu bagus sehingga ada beberapa halaman yang lepas dari jilidan padahal buku masih baru dan di beberapa halaman tulisan nampak kabur. Cover buku ini kurang menarik sehingga menurunkan minat baca para pembaca.

Terlepas dari itu semua, buku ini menarik dibaca dan bermanfaat, serta dapat memotivasi siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana seorang Chairul Tanjung berhasil menjadi pengusaha sukses dengan hasil kerja kerasnya dan usahanya sendiri, bukan dari warisan keluarga konglomerat.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

rahman sidik

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0