Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Disorientasi Siswa Dalam Belajar
Disorientasi Siswa Dalam Belajar
0 Komentar | Dibaca 440 kali

Sekolah merupakan salah satu sarana bagi seseorang untuk melakukan KBM atau Kegiatan belajar mengajar, yang mana di dalamnya seorang siswa dituntut untuk mempunyai tujuan(orientasi) dalam belajar,antara lain ingin menambah pengetahuan, mengejar masa depan dan memperbaiki akhlaq dari siswa tersebut. Tetapi, tidak semua pelajar memiliki tujuan seperti itu,banyak pelajar yang sekolah hanya ingin menyandang status pelajar,paksaan dari orang tua, mencari uang saku dari orang tua bahkan ia hanya mengikuti budaya.

Seperti halnya siswa kelas X (tidak dapat disebut namanya),ia sekolah tanpa mempunyai orientasi yang jelas. Siswa berambut ikal ini melanjutkan pendidikannya ke jenjang sekolah menengah atas yang tak lain hanya ingin medapatkan uang saku dari orang tua, ingin mendapat teman, mengikuti budaya dan hanya mengikuti aturan yang membabi buta tanpa tahu apa tujuan ia belajar.

Setelah menelusuri tentang Disorientasi siswa dalam belajar ternyata tidak sedikit faktor yang mempengaruhi hal tersebut, antara lain :

  • Kejenuhan seorang siswa dengan mata pelajaran yang kurang ia minati

  • Mencari uang saku,sebab bila tidak masuk sekolah maka ia tidak mendapatkan uang saku

  • Merasa bosan dengan guru yang kurang ia sukai

Dari beberapa faktor diatas dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa – siswi bersekolah hanya mengikuti budaya,yang dimana agar dia tidak menjadi bahan olok – olokkan dalam masyarakat maupun teman – temannya.

Mungkin mereka hanya berfikir untuk apa sekolah, ujung-ujungn