Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / INGIN sukses di dunia dan di akhirat, sekolahkan anak anda di madrasah
INGIN sukses di dunia dan di akhirat, sekolahkan anak anda di madrasah
1 Komentar | Dibaca 956 kali

Madrasah (MTs,MA) adalah sebutan kepada sekolah umum yang mata pelajaran agama (Islam)nya dilebihkan dari sekolah umum lainnya. Artinya ilmu urusan dunia atau ilmu urusan akhirat, seimbang.
Madrasah punya karakteristik sekaligus tampil sebagai lembaga multifungsi yang berbeda dengan lembaga pendidikan atau sekolah umum.

Diantaranya sebagai lembaga pendidikan formal, wadah pengembangan dakwah serta lembaga pemberdayaan masyarakat secara riil.

Dewasa ini, perkembangan lembaga pendidikan Islam, termasuk madrasah, juga mengalami modernisasi yang tidak bisa dihindari. Bahkan, di menyesuaikan dengan kebutuhan global.

Namun, karakteristik sebagai lembaga pendidikan Islam tetap berertahan, tidak tercerabut dari akarnya dan tujuan utama madrasah tidak luntur.

Madrasah memiliki keunggulan tersendiri dan sudah diwujudkan secara riil dengan tingginya angka partisipasi masyarakat yang peduli terhadap pendidikan di lembaga tersebut.

Berdasarkan data statistik internal Depag, jumlah madrasah negeri lebih sedikit dibanding madrasah swasta, yakni 91 persen madrasah dikelola swasta. Ini berbalik dengan sekolah umum, yang 90 persen berstatus negeri dan 10 persen swasta.

lulusan madrasah tidak kalah bersaing dengan lulusan sekolah umum, sebab sudah banyak bukti lulusan madrasah bisa menduduki berbagai jabatan.
Lulusan madrasah bisa menjadi pejabat apapun. Contohnya Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Saifullah Yusuf,, lulusan madrasah di Jombang bisa menjadi wakil gubernur dan masih banyak yang menjadi menteri maupun duta besar.

di adabtasi dari : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/berita/menag-madrasah-harus-menjadi-lembaga-multifungsi.htmlhttp://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/berita/menag-madrasah-harus-menjadi-lembaga-multifungsi.html

Artikel Terkait