Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Pentingnya Pendidikan Politik bagi Pemula
Pentingnya Pendidikan Politik bagi Pemula
0 Komentar | Dibaca 741 kali

Politik, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita dan di kalangan masyarakat umum. Seringkali, dalam berita di media cetak, televisi atau online, kata politik terpampang. Meski begitu, masih banyak masyarakat umum di sekitar kita yang belum mengenal artian sebenarnya dari politik itu sendiri. Apa sih sebenarnya politik itu…….?

Memang istilah politik itu sangat sulit untuk diartikan secara tepat dan akurat. Para pakar politik mencoba mendefinisikan istilah politik dengan penekanan yang berbeda-beda, dan dengan pertimbangan-pertimbangan dan sudut pandang yang berbeda pula. Dan akhirnya, meski tak semuanya, mereka sepakat bahwa politik merupakan hubungan timbal balik dari para pemimpin dan masyarakat yang bertujuan untuk mengatur kehidupan bersama,demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan politik bukan hanya untuk satu golongan masyarakat, tetapi untuk semua golongan masyarakat.

Kegiatan politik mempunyai arti yang positif bagi setiap warga negara.Kegiatan politik akan member inspirasi dan dorongan kepada warga masyarakat untuk ikut berperan serta secara aktif menciptakan masyarakat yang cerdas demi terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera, pemerataan pendapatan, terjaminnya kebebasan berbicara, bersuara, berkumpul, beribadah, menulis,bekerja,dan mendapat perlindungan hukum.

Namun,harus diakui bahwa dalam kenyataannya, definisi dan nilai-nilai positif politik sangatlah berbeda dari apa yang diharapkan oleh masyarakat. Kegiatan politik sering dimanipulasi dan disalahgunakan oleh suatu golongan atau pribadi untuk kepentingan kelompok atau pun untuk keluarganya sendiri. Kegiatan politik dijadikan para pemimpin untuk menindas rakyatnya yang lemah. Dan akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan hak politisi ini sangatlah fatal.

Banyak orang yang kehilangan hak dan martabatnya untuk mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral. Sehingga tidak dapat menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani.Tentunya, hal ini akan menguntungkan penguasa dalam mengekalkan kekuasaan dan pada akhirnya akan merugikan masyarakat banyak. Kegiatan politik hanya dinikmati oleh pemimpin dan penguasa untuk melebarkan kekuasaannya.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

hafizulloh amin

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0