Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Lima Masalah Dasar Kepala sekolah di Sekolah
Lima Masalah Dasar Kepala sekolah di Sekolah
0 Komentar | Dibaca 965 kali

Sekolah sebagai wadah kerja sama kelompok orang untuk mencapai tujuan , disiplinnya mencakup pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan manajemen sekolah secara menyeluruh. Hal ini sangat ditenyukan atau dipengaruhi oleh para pelaku disekolah tersebut, yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan komponen lainnya.
Kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah sekaligus manajer, pembina pendidikan, memegang peranan penting untuk tercapainya tujuan, visi dan misi sekolah. untuk itu perlu suasana yang kondusif agar apa yang dituangkan dalam RKJM, RKT dapat tercapai.
Permasalahannya adalah begitu banyak masalah yang dihadapi sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sekolah, berikut 5 masalah dasar yang dihadapi sekolah pada umumnya:

1. Masalah Disiplin Guru
2. Masalah Hubungan Interpersonal
3. masalah Intern Keuangan
4. Masalah Kebijakan Kepala Sekolah
5. Masalah kepala Sekolah dengan masyarakat

Pemecahan masalah yang lazim diputuskan kepala sekolah dalam mengahadapi masalah diatas (menurut penulis)adalah; 1. masalah disiplin, kebanyakan kepala sekolah berpedoman pada tarik ulur karet(/artinya jangan terlalu keras, jangan terlalu lunak= elastis ,sifat karet longgar disiplin guru diingatkan tapi tidak terlalu memaksa.). 2. Masalah hubungan interpersonal , antara salah seorang guru dengan kepala sekolah, biasanya keputusan yang diambil kepala sekolah adalah melalui beberapa pendekatan. menggunakan teori-teori pendekatan keilmuan,bisa manajemen,prilaku dll. 3. interen keuangan, keputusan yang diambil biasanya keterbukaan mengenai keuangan (bersifat terbuka) biarpun kadang-kadanga menggunakan middle open (separuh terbuka). 4. Masalah kebijakan kepala sekolah, kebijakan yang diambil memang polemik bagi guru dan karyawan tetapi harus dijakani guru dan karayawan dalam keadaan terpaksa tetapi dalam jangka waktu yang lama kebijakan itu bisa dimengerti guru lambat launnya. 5. masalah kepala sekolah dengan masyarakat (komite), masyarakat komite memegang kendali diluar sekolah kadang-kadang laporan dari dalam sekolah langsung terdengar oleh komite, laporan bersifat negatif selalu berkoar di masyarakat (komite) biasanya komite menampung segala masukan dari orang tua, tetapi sebagian masyarakat langsung menfonis keputusan yang salah dan memojokkan sekolah tetapi komite yang bijaksana meluruskan informasi negatif dan meminta penjelasan pihak sekolah.
Itulah sebagian masalah yang dihadapi kepala sekolah yang mendasar menurut penulis, ada beberapa trik agar sekolah terhindar dari masalah diatas : bersikap tegas, tenang dan konsisten, tunjukkan kepada mereka sebuah struktur, bersikap positif, fleksibel, tarik perhatian guru, berikan guru pilihan, logis, jangan berdebat, dan tetapkan target dan batasan waktu.
itulah sedkit masukan bagi kepala sekolah semoga bermanfaat, bravo guru indonesia!!!!!, semoga tetap jaya.

daftar pustaka
– Prilaku siswa (panduan manajemen) , Sue Cowley
– Pendidikan karakter (dalam metode aktif, inovatif, dan kreatif), Retno Listyarti
– Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Em Zul Fajri, ratu Aprilia senja

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SYAMSUDIN

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0