Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Ayam mati masih bisa dimanfaatkan untuk makanan ikan
Ayam mati masih bisa dimanfaatkan untuk makanan ikan
0 Komentar | Dibaca 1033 kali

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM, selamat pagi saudara-saudaraku, pagi ini aku ingin bercerita tentang tebat(kolam) yang ada dibelakang rumahku, kolam yang dicangkul oleh ayah ku beberapa tahun yang silam. Yang kemudian beberapa waktu lalu diperbaiki dengan cangkul modren, kebetulan tetangga ada yang merentaal alat berat lewat/ekspator mini, juga untuk membangun kolam ikan, maka sambil lewat kami menumpang, 250.000 ribu satu jam.
Ketika pagi tadi, sedang asik-asiknya mengasih makan ikan , tiba-tiba saja, pus…ada yang jatuh kedalam air tebat, spontan aku melihat ternyata bangkai anak ayam, siapa yang berani kurang ajar seperti ini ? ternyata nenek-nenek yang berumah disamping rumahku. Sedapat mungkin emosi dapat ku tahan, mungkin lantaran sedang bulan puasa. Dan Mungkin niat nenek-nenek ini baik, yaitu untuk mengasih makan ikan.
Ternyata betul sekali, bangkai ayam sangat cocok untuk makanan ikan lele. Lele akan cepat besar.
Bangkai ayam negeri akan sangat sayang jika dibuang begitu saja. Umumnya ayam yang mati pada sebuah industri peternakan akan di bakar untuk mencegah penyebaran penyakit. Jumlah ayam yang mati bisa sangat banyak dan akan sayang jika tidak di manfaatkan. Limbah ayam tersebut memiliki manfaat yang sangat besar jika di manfaatkan sebagai makanan alternatif lele. Kenapa lele, karena hanya lele yang merupakan ikan budidaya yang rakus dan bersifat omnivora atau pemakan segala macam makanan baik tumbuhan ataupun hewan lain. Berikut akan di jelaskan cara menjadikan bangkaiayamuntuk pakan alternatif lele.

1. Kumpulkan semua ayam yang mati, buang bulu dengan cara dibakar menggunakan api sampai badan ayam terlihat bersih dan agak gosong.
2. Bakar tubuh ayam sampai mengeluarkan bau sedap.
3. Ikat kaki ayam dengan menggunakan tali rafia, letakan ayam yang sudah di bakar tadi di tengah kolam, ikatkan ujung tali yang satunya di pinggir kolam. Cara ini hanya digunakan pada ikan lele yang sudah besar dan bukan ikan lele benih.
Bagaimana cara memprooduksi bangkai ayam menjadi pakan ikan baca selengkapnya disini : http://10306081.siap-sekolah.com/2015/07/04/bangkai-ayam-untuk-makanan-ikan-lele/

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0