Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Balasan bagi orang yang ikut menyelenggarakan jenazah
Balasan bagi orang yang ikut menyelenggarakan jenazah
0 Komentar | Dibaca 779 kali

KEMATIAN salah seorang anggota keluarga, ayah, ibu, anak dan sanak saudara lainnya adalah beban yang sangat berat sekali. Bahkan saking beratnya. Meskipun kita tidak sanggub mejujung atau memikulnya. Tidak bisa diletakkan. Meskipun sebentar saja.

Foto1058Kalau beban itu berupa barang atau benda tentu bisa diletakkan, tetapi kematian bukan lah beban yang berupa barang. Jadi meskipun kepala atau pundak rasanya tidak sanggub untuk membawanya.namun tidak bisa diletakkan meskipun sebentar saja.

Yang berat itu seperti menggali dan menimbun kubur yang terkadang tanahnya berbatu atau sebaliknya malah berair, kemudian memikul keranda yang terbuat dari besi, itu semua adalah beban yang sangat berat sekali, belum lagi berupa beban mental berupa rasa sedih. Mata yang tidak tertidur. Waktu yang terbuang dan pekerjaan yang tinggal.

Dan yang paling vital persiapan yang belum matang atau malah tidak ada sama sekali, apakah itu persiapan biaya, waktu dan sebagainya .

Kalau ingin berpesta. Waktu dan tanggalnya ditentukan. Karna sudah ditentukan, tentu bisa dipersiapkan segala sesuatunya. Misal membersihkan rumah dan pekarangan rumah. Kenapa perlu dipersiapkan ?Karna orang akan berdatangan.

Tidak demikian dengan kematian. Kematian bisa datang mendadak. Terkadang rumah dalam keadaan berantakan. Betapa malunya kepada pentakziah bila rumah dalam keadaan kotor.

Justru itu menyelenggarakan jenazah sangat besar imbalannya. Baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Imbalan di dunia mungkin, kelak, bila giliran ayah, ibu sanak famili atau kita yang meninggal. Orang orang tidak merasa keberatan, ikut membantu meringankan beban kita.

Sementara balasannya di akhirat kelak adalah pahala yang sangat besar sekali. Baca selengkapnya disini :http://www.slideshare.net/amighosts/pe-ngurusan-jenasah?related=2

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Gemscool Game

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0