Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Hobi

Beranda / Hobi / Memaksimalkan Volume Kicau Murai
Memaksimalkan Volume Kicau Murai
0 Komentar | Dibaca 1077 kali
HUSNIJAL @husnijal05
12 July 2015

Bagi burung kicauan, termasuk Murai Batu kemampuan suara kicauannya menjadi salah satu tolak ukur yang sangat penting. Apalagi bagi Murai Batu yang ingin diikutsertakan dalam sebuah lomba. Tentu hal yang menjadi aspek penilaian utama para juri lomba adalah suara kicauannya. Biasanya poin-poin yang akan dinilai oleh para juri yakni melihat dari segi variasi kicauan yang dikeluarkan, merdu tidaknya kicauannya, dan kegacoran Murai Batu saat lomba.

Semua poin-poin di atas tidak akan ada artinya jika Murai Batu yang dilombakan memiliki volume suara yang pelan. Apalah jadinya kemampuan suara kicauan yang handal tetapi tidak diiringi dengan kekuatan volume suara. Juri lomba pun akan sulit menilai karena suara kicauan yang dikeluarkan tidak kedengaran dikarenakan tertutupi oleh suara-suara kicauan dari burung yang lain. Di sinilah kita menjadi sadar betapa pentingnya kekuatan volume suara pada burung kicauan, dalam hal ini Murai Batu.

Perlu diketahui, kekuatan (volume) suara yang dihasilkan oleh Murai Batu bisa berbeda-beda. Tergantung dari kemampuan pita suara yang dimiliki. Sehingga Murai Batu yang menghasilkan suara yang merdu dan kuat, itu berarti burung tersebut dasarnya memiliki pita suara yang bagus. Begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi, pada Murai Batu yang memiliki volume suara yang pelan, ada perawatan yang bisa diterapkan untuk coba memaksimalkan volume suaranya tersebut. Karena kadangkala, Murai Batu yang bervolume suara pelan itu bukan karena pita suara yang dimilikinya tidak bagus, tetapi karena rasa malas/enggan untuk mengeluarkan volume suara yang tinggi/kuat. Bersambung….klik disini : http://www.muraibatu.link/2015/02/memaksimalkan-volume-kicauan-murai-batu.html