Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Cara Mengatur Keuangan Keluarga Pada Saat Krisis
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Pada Saat Krisis
0 Komentar | Dibaca 1189 kali
Rio Q @rioq
12 September 2015

Sebagai kepala keluarga tentunya harus tau cara mengatur keuangan keluarga terutama ketika sedang terjadi sebuah krisis. Hal yang paling tidak diinginkan semua orang adalah krisis ini, namun setiap rumah tangga pastinya akan mengalami hal ini karena ini adalah hal yang umum. Untuk dapat mengaturnya maka harus ada strategi khusus yang akan membuat keuangan akan tetap stabil meskipun krisis sedang melanda.

Ada beberapa tips yang bisa dijalankan ketika keuangan keluarga sedang dalam krisis dimana sulit mendapatkan uang. Berikut ini adalah tips yang bisa jadi solusi antara lain:

  1. Bedakan kebutuhan dan keinginan, ini akan membantu karena kalau kebutuhan pasti akan dibeli sementara keinginan bisa ditunda terlebih dahulu.
  2. Utamakan biaya pendidikan, meskipun sedang dilanda krisis anak harus tetap terpenuhi biaya pendidikannya.
  3. Kurangi beberapa penggunaan rumah tangga yang tidak penting seperti listrik dan air harus berhemat penggunaannya karena akan meringankan tagihan bulanan.
  4. Belanja bulanan sesuai dengan keperluan saja karena akan sangat menghemat pengeluaran. Ada baiknya jika mencatat terlebih dahulu apa saja yang sedang dibutuhkan.
  5. Jangan terlalu mengandalkan uang tabungan, jika uang tabungan digunakan secara terus menerus maka pastinya akan semakin mengurangi keuangan Anda.

Keluarga yang sudah memiliki anak pastinya akan memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan yang belum memiliki anak. Oleh karena itu kebutuhan anak harus selalu diprioritaskan ketika sedang dalam masa krisis ini. Setiap harinya ada baiknya jika membatasi pengeluaran yang harus dikeluarkan usahakan tidak lebih dari batas tersebut. Karena dengan cara membatasi akan membuat seseorang lebih mudah menahan.

Membuat sebuah catatan pengeluaran keuangan juga merupakan hal yang baik karena akan menjadi tahu berapa sebenarnya biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Jangan sampai ada pengeluaran yang tidak penting disaat masa krisis. Ketika sudah berhasil melewati masa krisis cara mengatur keuangan keluarga juga masih harus diperhatikan agar terjadi krisis sudah tidak lagi terkejut dan cenderung siap menghadapi krisis.

Sumber Referensi

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Pipin Arifin

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0