Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Faktor Mempengaruhi Suku Bunga KPR
Faktor Mempengaruhi Suku Bunga KPR
0 Komentar | Dibaca 1270 kali
Rio Q @rioq
04 September 2015

KPR atau kredit kepemilikan rumah merupakan sebuah kredit yang diberikan oleh pihak perbankan (bank konvensional atau bank syariah) kepada nasabahnya sehingga dapat memiliki rumah secara kredit.

Calon debitor harus mengajukan kredit tersebut sebelum disetujui dan menerima bantuan dari kredit tersebut. Setelah itu, debitor harus membayar angsuran per bulannya berdasarkan pada jumlah pinjaman pokok ditambah dengan jumlah suku bunga KPR.

Faktor Mempengaruhi Suku Bunga KPR

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya dari suku bunga kredit rumah. Pertama adalah target laba yang harus didapatkan oleh bank. Faktor ini sangat mempengaruhi penghasilan atau pemasukan bank konvensional, sehingga tidak jarang jika untuk mencapai pemasukan yang telah ditargetkan, beberapa bank akan meningkatkan atau merendahkan suku bunga suatu kredit.

Faktor kedua adalah karena kebijakan dari pemerintah. Di setiap tahunnya, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan yaitu dengan menetapkan besaran suku bunga maksimal dari bank yang ada di Indonesia sehingga pihak bank tidak boleh memberikan bunga yang melebihi angka dari yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal tersebut juga akan membantu debitor agar tidak kesusahan atau terlalu terbebani saat membayar angsuran karena tingginya suku bunga.

Faktor yang lain yang mempengaruhi naik turunnya suatu suku bunga KPR yaitu:

  • Keadaan ekonomi dan keuangan dalam suatu negara atau keadaan dalam suatu perbankan. Jika bank memiliki dana yang sedikit dan permintaan kredit yang meningkat maka biasanya tingkat bunga kredit yang diberikan akan meningkat.
  • Jangka waktu peminjaman. Jika seseorang meminjam atau melunasi uang atau melakukan kredit dalam waktu yang lama, maka akan semakin tinggi bunga yang akan diberikan karena resiko peminjaman (dapat dibayar atau tidak) akan semakin besar jika waktu yang digunakan untuk pelunasan juga semakin lama.
  • Hubungan antara nasabah dengan bank. Walaupun beberapa bank tidak akan membeda-bedakan mengenai nasabah yang hendak melakukan kredit, namun, terdapat pula bank yang akan memberikan tingkat suku bunga yang berbeda berdasarkan pada nasabah. Bank akan memberikan perlakuan khusus dengan memberikan suku bunga yang rendah kepada debitor yang memiliki hubungan baik dengan bank.

Sumber Tulisan Suku Bunga KPR

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

HARYONO

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0