Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Registrasi E-PUPNS 2015 Sulit? Ini Solusi nya
Registrasi E-PUPNS 2015 Sulit? Ini Solusi nya
0 Komentar | Dibaca 1875 kali
Yuviter Pradeska @pradeska
09 September 2015

E-PUPNS  merupakan sistem pendataan ulang bagi pegawai negeri sipil di Indonesia yang dilakukan secara online melalui Aplikasi Resmi Milik Badan Kepegawaian Nasional yang sudah dimulai sejak Tanggal 1 September 2015. Sebelum dilaksanakan sistem pendataan ulang ini, sebenarnya pihak BKN sendiri sudah menyediakan Bimbingan teknis secara online melalui versi uji coba "Registrasi E-PUPNS". Walaupun demikian ternyata harapan tetaplah tidak sesuai rencana, dikarenakan masih banyak kendala yang dihadapi para pegawai setelah pendataan ini resmi dilaksanakan.

Permasalahan yang sering ditanyakan para PNS di grup-grup fb diantaranya Gagal mencetak Formulir E-PUPNS,  Instansi belum membuka pendaftaran, Server error 500, dan yang paling sering adalah website resmi Epupns tidak bisa diakses karena sibuk. Menanggapi hal tersebut Pihak Badan Kepegawain Nasional sendiri telah memberikan solusi  server sibuk epupns, seperti informasi berikut ini

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengakui website e-PUPNS BKN sering down karena tingkat kunjungan PNS sangat banyak. Bayangkan saja, sekitar 4,36 juta PNS di pusat dan daerah wajib mendaftarkan di Pendaftaran Ulang PNS Elektronik (e-PUPNS).

"Yang akan buka web pasti jutaan ribuan hingga jutaan orang. Kalau di jam-jam kerja trafficnya padat, sehingga web sering down," kata Karo Humas BKN Tumpak Hutabarat kepada JPNN, Selasa (8/9).

Dia menyarankan PNS mendaftar di malam hari, atau saat santai Sabtu dan Minggu. Pendaftaran ini tidak harus menggunakan komputer atau laptop.

"Kalau ada waktu santai, daftar saja. Daripada buka