Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Telaga Ngebel Ponorogo
Telaga Ngebel Ponorogo
0 Komentar | Dibaca 882 kali

Konon cerita yang berkembang di masyarakat, Telaga Ngebel mempunyai cerita unik yang didasarkan pada kisah seekor ular naga bernama "Baru Klinting". Sang Ular ketika bermeditasi secara tak sengaja dipotong-potong oleh masyarakat sekitar untuk dimakan. Secara ajaib sang ular menjelma menjadi anak kecil yang mendatangi masyarakat dan membuat sayembara, untuk mencabut lidi yang ditancapkan di tanah.
Namun tak seorangpun berhasil mencabutnya. Lantas dia sendirilah yang berhasil mencabut lidi itu. Dari lubang bekas lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk Telaga Ngebel. Legenda Telaga Ngebel, terkait erat dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon salah seorang pendiri Kabupaten ini yakni Batoro Kantong. Sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo, Batoro menyucikan diri terlebih dahulu di mata air, yang ada di dekat Telaga Ngebel yang kini dikenal sebagai Kucur Batoro.

Seperti yang telah saya alami beberapa waktu yang lalu, ketika bertemu dengan teman-teman Blogger Lumpia (Semarang). Mereka bertanya tentang asal-usul telaga Ngebel, Ponorogo. Saya pun bercerita sama dengan apa yang pernah saya dengar dari nenek moyang. Tak jauh beda dengan cuplikan artikel dari majalah Travel Club diatas. 
Ya, saya pun bangga dengan wisata Ngebel yang sangat mempesona tersebut.
Namun, ketika saya sudah bercerita tentang Telaga Ngebel, mereka bilang kok hampir sama dengan asal-usul sebuah danau di Jawa Tengah???

nah, dari sini saya masih kebingungan. Mana yang benar atau cerita sesungguhnya seperti apa???

Saya pun langsung meluncur ke Telaga Ngebel, disana saya mencoba bertanya kepada warga setempat. Saya menanyakan, bagaimana asal-usul telaga Ngebel ini??? Siapa sesepuh yang masih ada di daerah Ngebel???
Dari 4 orang yang saya temui, mereka kebanyakan kurang mengetahui bagaimana cerita/legenda Telaga Ngebel tersebut.
Sesepuh di Telaga Ngebel pun sudah tidak ada saya temukan untuk mengungkap, bagaimana cerita sebenarnya….

Alhasil, saya hanya pulang dengan menyimpan ribuan misteri tentang Asal-usul telaga Ngebel tersebut.

Mungkin dari Kisanak POzone ada yang mempunyai/mengetahui cerita tentang Asal-usul telaga Ngebel serta prosesi acara yang dilaksanakan di sana???

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

sintar

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  9
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0