Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / XL Ingin Pakai Dua Frekuensi untuk 4G LTE
XL Ingin Pakai Dua Frekuensi untuk 4G LTE
0 Komentar | Dibaca 1019 kali
Bima @bimarr99
23 September 2015

Saat ini di Yogyakarta, Bogor dan Medan, PT XL Axiata, Tbk (XL) masih menggelar 4G LTE menggunakan frekuensi 900 MHz. Namun, ke depan mereka akan memindahkannya ke frekuensi 1.800 MHz agar lebih mudah untuk menerapkan carrier aggregation (CA).

"Sekarang di Yogyakarta, Bogor, dan Medan pakai 900 MHz tapi akan di-convert ke 1800 MHz. Kalau di situ kan posisinya lebih dekat dengan 2100 MHz jadi lebih pas untuk CA," Vice President Network Planning XL Budi Harjono saat ditemui usai Peluncuran 4G LTE untuk Surabaya dan Denpasar, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

"Kalau untuk dual carrier (CA) nanti pakai 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Di beberapa sudah ada radio yang bisa menggunakan CA ini, cuma nggak kami aktifkan," imbuhnya.

Budi menambahkan frekuensi 2.100 MHz sendiri masih belum teknologi netral. Karena itu mereka belum bisa mengaktifkan teknologi CA dan mengomersilkannya.

Sedangkan di sisi lain, pelanggan mesti menggunakan handset yang mendukung CA agar bisa memanfaatkannya. Handset jenis ini masih terbatas, kalaupun ada harganya mahal karena tergolong high end.

Di frekuensi 1.800 MHz, XL memiliki pita selebar 22,5 MHz. Mereka membaginya menjadi 15 MHz untuk 4G LTE dan 7,5 MHz untuk 2G.

Saat ini XL sudah mengomersilkan 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Surabaya, Denpasar, Mataram. Sedangkan Jakarta dan Bandung masih sebatas uji coba.

Di frekuensi 900 MHz, XL memiliki pita selebar 7,5 MHz. Sebelumnya, pada 4G LTE tahap pertama dialokasikan 5 MHz untuk 4G LTE dan sisanya digunakan untuk 2G.

Namun dalam perkembangan ke depan, seluruh jatah mereka di frekuensi 900 MHz akan dipakai untuk 2G saja. "Soalnya handset yang mendukung frekuensi 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz lebih banyak," tutup Budi memberikan alasan.

 

Dikutip dari KompasTekno Rabu(23/09/2015)

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SIGIT APRISAMA

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0