Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / 5 Cara Mempromosikan Konten Blog
5 Cara Mempromosikan Konten Blog
0 Komentar | Dibaca 702 kali
Rio Q @rioq
06 October 2015

Bagaimana cara membuat blog Anda rama dikunjungi pengunjung ? Salah satunya adalah mempromosikan konten yang sudah ditulis.

Ada banyak cara membuat blog kita banyak pengunjung. Mulai dari yan iklan sampai yang gratis. Mulai dari yang mudah sampai yang sulit.

Tapi, kadangkala orang suka lupa, ad acara – cara promosi yang efektif dan murah.

Apa saja itu ?

#1 Memanfaatkan Email List

Apa yang Anda lakukan terhadap pengunjung blog ? Salah satunya adalah meminta mereka untuk subscribe ke email list.

Dengan membuat  email list, promosi konten bisa lebih mudah dan murah.

Misalnya, Anda mendapatkan 500 pengunjung dari berbagai channel. Tanpa adanya pencatatan email, maka 500 orang pengunjung tadi akan pergi tanpa bisa terlacak. Sehingga setiap kali membuat konten baru, Anda harus kembali mencari pengunjung baru.

Dengan memiliki email list, usaha Anda mempromosikan konten baru akan lebih ringan. Ada 500 orang yang datang, beberapa di antaranya menjadi subscriber. Maka lain kali ketika anda menerbitkan konten sebagian dari subscriber anda akan langsung sadar. Artinya kali ini mendatangkan pengunjung jadi lebih mudah.

Berikut ini adalah contoh situs yang memanfaatkan mailing list dengan baik. Di halaman awal, situs ini meminta pengunjung memasukkan email dengan iming – iming tertentu.

#2 Sosial Media

Sosial media menjadi media yang sangat penting. Bayangkan saat ini setiap hari terdapat 1 milyar orang mengunjungi Facebook.

Artinya, Anda harus melakukan promosi di social media. Ada dua acara:

Pertama, Anda melakukan share setiap artikel dipublikasikan ke semua channel social media. Saat ini sudah banyak plugin yang otomatis bisa menshare apa yang diposting di blog langsung ke social media.

Walaupun banyak orang menyarankan plugin otomatis seperti ini kurang disukai karena terkesan seperti robot. Baiknya setiap posting di social media diberi sentuhan komentar atau pengantar sebelum di share.

Selain itu, pahami beberapa trik melakukan posting di social media sbb:

  • Jelaskan dan tulis isi konten yang akan disampaikan dengan singkat, tapi menarik. Jangan gunakan judul artikel sebagai isi dari tweet atau status anda.
  • Penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada social media.

Ini adalah blog yang memiliki aktivitas social media cukup baik. Bisa dijadikan bahan referensi.

#3 Menulis Konten Viral

Salah satu kekuatan di internet adalah efek viral-nya. Sesuatu bisa dengan cepat menggulung dan diketahui banyak orang tanpa Anda harus susah payah melakukan iklan.

Contohnya, beberapa saat ini, muncul foto – foto testimonial mengenai kebersihan kali ciliwung yang dilakukan pemprov DKI sekarang.

Foto – foto tersebut dengan cepat menyebar. Karena visualisasinya bagus sekali, orang dengan mudah tertarik dan berbagi dengan orang – orang lain.

Efeknya luar biasa. Dalam waktu singkat sudah ribuan orang yang membaca dan berkomentar, dengan biaya promosi yang boleh dikatakan nol.

Itu adalah contoh konten viral.

Meskipun tidak semua orang bisa membuat konten viral, tetapi pada saat kita membangun konten, usahakan membayangkan bahwa konten ini akan bisa dibagi oleh banyak orang.

Kesimpulan

Selesai mengisi konten blog baru satu langkah, langkah lainnya Anda perlu mempromosikan konten tersebut. Tanpa promosi, kecil kemungkinan konten yang bagus bisa dibaca orang.

Anda bisa menggunakan beberapa tips diatas untuk mulai mempromosikan konten Anda.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ayanofujitora

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0