Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / Bagaimana Cara Membangun Backlink SEO yang Benar
Bagaimana Cara Membangun Backlink SEO yang Benar
0 Komentar | Dibaca 618 kali
Rio Q @rioq
22 October 2015

Dalam SEO, backlink adalah pilar penting. Bagaimana cara membangun backlink yang benar? Backlink yang aman sekaligus mampu mendongkrak peringkat situs di mesin pencari.

Sejumlah riset yang dilakukan oleh sejumlah lembaga menunjukkan bahwa peranan backlink masih sangat penting dalam SEO. Hasil ini diperoleh dari analisa trhadap ribuan situs.

Mungkin muncul pertanyaan, bukankah belakangan ini muncul kesan bahwa peran backlink sudah menurun. Pandangan ini diiringi oleh banyak statement dari pihak Google yang menyebutkan mengenai pinalti terhadao situs yang menanam backlink spam.

Google memang sering melakukan update terhadap algoritma mereka. Algoritma ini mempengaruhi hasil pencarian.

Salah satu algoritma yang terkenal dari Google adalah memberikan pinalti terhadap situs – situs yang menanam backlink dengan kualitas buruk dan dilakukan secara tidak natural.

Jadi, backlink tetap penting. Tapi, backlink yang bersifat spam dan kualitanya buruk tidak akan memberikan sinyal positif malahan merugikan situs Anda.

Kita perlu memahami dulu, bagaimana cara kerja mesin pencari. Dari sini, kita jadi bisa paham apa yang dicari oleh mesin pencari.

Tujuan mesin pencari adalah memberikan hasil pencarian terbaik. Karena hasil yang baik akan menyenangkan para pengguna dan membuat mereka kembali.

Bisa dibayangkan, bagaimana kecewanya pengguna jika hasil mesin pencari  tidak relevan, spam dan tidak bisa memberikan hasil sesuai yang dicari. Jika kecewa, tentu saja, kecil kemungkinan pengguna akan lembali lagi menggunakan mesin pencari tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana membangun backlink yang bagus ?

#1 Kuncinya di Konten Terbaik

Dari sisi search engine, mereka ingin memberikan konten terbaik kepada pengguna.

Karena itu, mesin pencari sangat tidak suka dengan konten – konten spam. Jika konten yang dihasilkan oleh search engine jelek, misalnya  tidak relevan atau isinya tidak jelas, pemakai akan kecewa dan dalam jangka panjang tidak menggunakan mesin pencari itu lagi.

Apa konten yang bagus:

  • Menyampaikan informasi sejalan dengan yang dicari pengunjung.
  • Konten orisinil dan