Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / Bagaimana Cara Membangun Backlink SEO yang Benar
Bagaimana Cara Membangun Backlink SEO yang Benar
0 Komentar | Dibaca 502 kali
Rio Q @rioq
22 October 2015

Dalam SEO, backlink adalah pilar penting. Bagaimana cara membangun backlink yang benar? Backlink yang aman sekaligus mampu mendongkrak peringkat situs di mesin pencari.

Sejumlah riset yang dilakukan oleh sejumlah lembaga menunjukkan bahwa peranan backlink masih sangat penting dalam SEO. Hasil ini diperoleh dari analisa trhadap ribuan situs.

Mungkin muncul pertanyaan, bukankah belakangan ini muncul kesan bahwa peran backlink sudah menurun. Pandangan ini diiringi oleh banyak statement dari pihak Google yang menyebutkan mengenai pinalti terhadao situs yang menanam backlink spam.

Google memang sering melakukan update terhadap algoritma mereka. Algoritma ini mempengaruhi hasil pencarian.

Salah satu algoritma yang terkenal dari Google adalah memberikan pinalti terhadap situs – situs yang menanam backlink dengan kualitas buruk dan dilakukan secara tidak natural.

Jadi, backlink tetap penting. Tapi, backlink yang bersifat spam dan kualitanya buruk tidak akan memberikan sinyal positif malahan merugikan situs Anda.

Kita perlu memahami dulu, bagaimana cara kerja mesin pencari. Dari sini, kita jadi bisa paham apa yang dicari oleh mesin pencari.

Tujuan mesin pencari adalah memberikan hasil pencarian terbaik. Karena hasil yang baik akan menyenangkan para pengguna dan membuat mereka kembali.

Bisa dibayangkan, bagaimana kecewanya pengguna jika hasil mesin pencari  tidak relevan, spam dan tidak bisa memberikan hasil sesuai yang dicari. Jika kecewa, tentu saja, kecil kemungkinan pengguna akan lembali lagi menggunakan mesin pencari tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana membangun backlink yang bagus ?

#1 Kuncinya di Konten Terbaik

Dari sisi search engine, mereka ingin memberikan konten terbaik kepada pengguna.

Karena itu, mesin pencari sangat tidak suka dengan konten – konten spam. Jika konten yang dihasilkan oleh search engine jelek, misalnya  tidak relevan atau isinya tidak jelas, pemakai akan kecewa dan dalam jangka panjang tidak menggunakan mesin pencari itu lagi.

Apa konten yang bagus:

  • Menyampaikan informasi sejalan dengan yang dicari pengunjung.
  • Konten orisinil dan bukan jiplakan (duplikat). Google memberikan perhatian khusus dalam masalah ini. Ada algoritma khusus yang memberikan pinalti terhadap konten duplikat.

Ini adalah contoh blog yang memberikan konten menarik dimana pengalaman para pelanggan dituliskan dengan menarik dan menampilkan foto – foto yang bagus. Isinya jadi orisinil dan menarik para pengunjung untuk membaca.

#2 Membuat Backlink yang Bagus

Apa backlink itu yang bagus? Ada beberapa syarat dan kondisi:

Backlink dibuat secara alamiah. Google tidak suka backlink tidak natural. Ini sangat penting karena melanggar ini bisa sangat berefek pada hasil di mensin pencari.

Apa itu backlink yang alamiah ? Backlink diberikan oleh pihak – pihak lain yang melihat bahwa konten Anda bagus sehingga layak dibagi.

Jadi memang ada orang yang mereferensikan konten Anda. Bukan dibuat – buat backlink tersebut.

Backlink yang bagus adalah yang diberikan oleh situs yang punya authority.

Apa itu situs yang punya authority ? Situs yang kredibel yang memang bisa dipercaya dan bukan situs bikin – bikinan.Contohnya situs ini.

Misalnya, referensi dari ahli pasti lebih dipercaya dibandingkan orang yang tidak jelas kredibilitasnya. Link dari blog yang baru saja dibuat dengan jumlah konten yang masih terbatas lebih rendah authority-nya dibadingkan dari blog yang sudah lama dan banyak dikunjungi.

#3 SEO Tidak Bisa Cepat, Perlu Waktu dan Usaha

Jangan berpikir bahwa SEO itu langkah cepat dan mudah untuk menaikkan pengunjung. Membangun SEO perlu visi jangka panjang.

Kenapa ini penting ? Karena diluar sana banyak yang menawarkan cara cepat membangun trafik dengan SEO. Seolah – olah SEO bisa digunakan untuk secara instan meningkatkan trafik.

Membangun trafik dengan cepat bisa saja dilakukan. Ada banyak caranya. Tapi apakah itu langkah yang sustainable ? langkah yang aman ?

Jadi, sarannya sederhana: bangun konten terbaik dan mulai sebarkan konten terseut ke pihak – pihak yang punya otoritas.

Lama ? mungkin ini proses yang tidak instan, tapi aman dan menjamin keberlanjutan trafik ke situs Anda.

Selamat berusaha!

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Yuliza Dewi,S.Pd

simple it's me
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0