Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Padamu Negeri

Beranda / Padamu Negeri / Penmad Kab. Pati Bikin Video Tutorial untuk Sosialisasi Simpatika
Penmad Kab. Pati Bikin Video Tutorial untuk Sosialisasi Simpatika
0 Komentar | Dibaca 1631 kali
ALI MUNIR @munirpati
29 November 2015

Tim Pendamping Kabupaten Penmad Kementerian Agama Kabupaten Pati berinisiatif untuk membuat video-video tutorial guna sosialisasi Simpatika. Dengan jumlah RA dan madrasah yang mencapai 600-an menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenag Kabupaten Pati dalam melakukan sosialisasi prosedur dan tata cara verval Pengelolaan Data Pendidik dan Kependidikan melalui layanan Simpatika. Karena itu, Tim Pendampin Simpatika tingkat Kabupaten berinisiatif untuk membuat berbagai video tutorial terkait verval Data PTK melalui layanan Simpatika.

Di situs Bantuan Siap Online sebenarnya telah tersedia berbagai tutorial. Namun tutorial berbentuk artikel tersebut kerap dirasa kurang. Berbeda dengan tutorial berbentuk video yang bisa diikuti secara langsung. Dengan tutorial berbentuk video, terasa seperti diajari step by step. Hasilnya, PTK maupun Kepala Sekolah dapat melakukan verval Data PTK sembari menonton video tutorial.

Tim Simpatika Kemenag Kab. Pati

"Layaknya memiliki tutor (instruktur, Red.) pribadi yang menemani melakukan verval." ungkap Zakki Fuadi, staf Kantor Kemenag Kabupaten Pati yang sekaligus menjadi salah satu Tim Pendamping Simpatika Kab. Pati.

Contoh Cover Video Tutorial

Dan untuk lebih memudahkan para PTK untuk mengakses video-video tutorial tersebut, oleh Admin Kabupaten, video tersebut diunggah ke situs berbagi video youtube. Dari youtube tersebut, video dapat ditonton dan diunduh bahkan oleh PTK di luar Kabupaten Pati. Video tersebut dapat ditonton melalui akun MegaAlmoon atau Playlist Simpatika Padamu.

 

 

 

Usaha membuat video tutorial ini sebenarnya telah dilakukan saat verval Padamu Negeri (layanan pengelolaan data yang kemudian berganti nama menjadi Simpatika). Selain itu, Tim Simpatika Kemenag Kabupaten Pati pun menyediakan grup facebook sebagai media komunikasi antar PTK, operator, Kepala Madrasah, dan Admin Kabupaten.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ACHMAD SATIM

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0