Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
0 Komentar | Dibaca 3105 kali

img-20120925-00323

Dalam berbagai proses pembelajaran di tanah air kita, peranan guru terasa masih sangat dominan walaupun sebagian dari mereka telah berupaya untuk menjadi fasilitator disamping sebagai sumber informasi. Kenyataannya pengetahuan manusia sangat terbatas sehingga kita perlu sumber-sumber informasi lainnya baik dalam belajar maupun dalam membelajarkan orang lain. Oleh sebab itu pendekatan pembelajaran yang dilakukan dalam menyajikan pelajaran perlu diarahkan kepada pemenuhan  kebutuhan dan pengharapan siswa dengan menggunakan berbagai sumber informasi.

Dalam proses pembelajaran, sering kali terjadi hambatan-hambatan, baik yang datang dari pihak guru maupun siswa. Hambatan-hambatan tersebut secara langsung mempengaruhi suasana pembelajaran. Salah satu hambatan yang sering kali muncul adalah ketika guru harus memvisualkan suatu konsep atau ide. Dalam hal ini guru membutuhkan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar karena pembahasan secara lisan tidak memuaskan siswa. Apabila sekolah tidak dapat menyediakan media tersebut, guru dapat berupaya membuatnya dari bahan-bahan yang sederhana.

Guru selalu dituntut menegembangkan kreativitasnya agar materi bisa diterima dengan baik oleh siswa. Kreativitas seorang guru bisa terlihat ketika ia mencoba memanfatkan bahan-bahan sederhana yang bisa dijadikan suatu media di dalam mata pelajarannya. Tetapi tentu kita juga harus ingat bahwa guru bukanlah makhluk superior dalam segala hal, termasuk dalam menciptakan, mengembangkan dan menerapkan strategi pemanfaatan bahan-bahan sederhana. Dalam batas-batas tertentu  setiap guru memiliki keterbatasan yang sulit diatasi atau dihindari. Misalnya, ketika guru berkeinginan memvisualkan suatu ide, maka hambatan yang mungkin dihadapinya ialah:

1.      Tidak mempunyai ide tentang media apa yang harus dibuat unt