Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Waspadai bahaya radikal bebas
Waspadai bahaya radikal bebas
0 Komentar | Dibaca 1331 kali
Imam Fahrudin @imam00701
14 December 2015

Radikal bebas adalah atom atau molekul yang sangat reaktif dengan struktur selular lainnya karena mengandung elektron yang tidak berpasangan. Radikal bebas adalah produk alami yang berasal dari reaksi biokimia yang sedang berlangsung di dalam tubuh, termasuk proses metabolisme dan respon sistem kekebalan tubuh. Zat radikal bebas yang menghasilkan dapat ditemukan dalam makanan yang kita makan, dan obat-obatan yang kita ambil, udara yang kita hirup, dan air yang kita minum juga bisa menghasilkan radikal bebas. Zat-zat ini termasuk gorengan, alkohol, asap rokok, pestisida, polusi udara, dan masih banyak lagi. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada bagian sel seperti protein, DNA, dan membran sel dengan mencuri elektron mereka melalui proses yang disebut oksidasi. Inilah sebabnya mengapa kerusakan radikal bebas juga disebut “kerusakan oksidatif.

bahaya, radikal, bebas

radikal bebas

Ketika radikal bebas mengoksidasi komponen penting dari sel, komponen-komponen tersebut akan kehilangan kemampuan mereka untuk berfungsi secara normal, dan akumulasi kerusakan tersebut dapat menyebabkan sel mati. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan produksi radikal bebas menyebabkan atau mempercepat cedera sel saraf dan menyebabkan penyakit mematikan termasuk kanker dan diabetes.

Antioksidan menarik perhatian publik pada tahun 1990 dimana ketika itu para ilmuwan mulai memahami bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas terlibat dalam tahap awal penyumbatan arteri atherosclerosis dan dapat menyebabkan kanker, kehilangan penglihatan, dan sejumlah kondisi kronis lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan memiliki risiko lebih besar terkena penyakit tersebut dibandingkan dengan orang-orang yang makan banyak buah-buahan dan sayuran ini.

Makanan yang memiliki cirikhas warna oranye seperti wortel, ubi jalar, labu, melon mengandung karotenoid yang merupakan jenis antioksidan penting yang berguna mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, beberapa keluarga berry termasuk strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry juga sumber utama antioksidan penting.

Sumber: 5 Bahaya radikal bebas dan cara mengatasinya

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Mochamad Fadli

Saya seorang Guru Wiyata Bakti/Sukarelawan/Honorer, yang melaksanakan pengabdian sebagai guru sejak septemb ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0