Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / Dampak Internet Dan Media Sosial Pada Pendidikan
Dampak Internet Dan Media Sosial Pada Pendidikan
1 Komentar | Dibaca 1186 kali
Mr Bee @paklebah
22 January 2016

Bagian 1: Internet dan Manusia Abad 21


 

Saat ini, siapa yang tidak mengenal internet dan media sosial? Yang tidak kenal mungkin cuma manusia yang hidup dalam gua atau yang tertidur selama 30 tahun terakhir. Internet adalah teknologi pembeda antara abad 20 dengan abad 21 karena internet muncul di penghujung abad 20 dan mulai ramai digunakan di awal abad 21. Mungkin bisa dikatakan bahwa peradaban abad 21 dibentuk dari keberadaan internet.

Dengan internet, manusia abad 21 seolah tak lagi dibatasi sekat-sekat fisik dan geografis. Dunia terasa menjadi lebih dekat dan lebih kecil karena nyaris di semua tempat di muka Bumi —bahkan juga di luar Bumi— bisa dihubungkan. Di internet, tak ada bedanya apakah seseorang hidup di tengah kota atau di dalam hutan atau di gurun pasir. Asal ada koneksi ke internet, semua manusia bisa saling terhubung satu sama lain (nyaris) secara instan. Inilah era globalisasi yang sebenarnya.

Peta pengguna Facebook pada akhir tahun 2010.

Peta pengguna Facebook pada akhir tahun 2010.

Namun dampak internet baru benar-benar merevolusi budaya manusia abad 21 sejak diciptakannya perangkat ponsel pintar (smartphone) dan aplikasi media sosial. Sebelum ada ponsel pintar, untuk bisa terhubung ke internet, manusia harus mendatangi terminal komputer yang telah dihubungkan ke internet (biasanya melalui kabel). Sejak adanya ponsel pintar yang didukung teknologi komunikasi nirkabel, internet hadir setiap saat dalam genggaman manusia sehingga memungkinkan manusia terhubung ke internet kapan saja dan dari dimana saja. Tak ada lagi jarak dan tak ada lagi jeda.

Media sosial adalah aplikasi yang memun