Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Pratayang Fitur Baru SIMPATIKA: Ajuan SKBK
Pratayang Fitur Baru SIMPATIKA: Ajuan SKBK
7 Komentar | Dibaca 32538 kali
Wacana @wacanaku
27 January 2016

Bagi pengguna layanan SIMPATIKA (Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama) berikut adalah fitur baru yang sedang ditunggu-tunggu, yaitu Ajuan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja) dan Pengesahan SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas). Mari kita tengok seperti apa fitur baru ini…

Rincian data beban tugas mengajar.

Rincian data beban tugas mengajar.

Rincian data beban tugas tambahan.

Rincian data beban tugas tambahan.

Dengan melihat tabel di atas, teman-teman guru pasti sudah paham apa yang dimaksud. Semua data yang dibutuhkan untuk penilaian kelayakan pemberian Tunjangan Profesi, mulai dari data sekolah atau madrasah tempat mengajar, mata pelajaran yang diampu, pemenuhan rasio guru dan siswa, serta jam tugas mengajar, semuanya tersedia. Demikian pula bagi guru yang mempunyai beban tugas tambahan, data-datanya juga bisa dimasukkan, seperti nama tugas, kategori tugas, dan tentu saja penyetaraan tugas tambahan terhadap jumlah jam mengajar.

Sebagai bagian dari SIMPATIKA, fitur Ajuan SKBK juga menghormati prinsip layanan SIMPATIKA secara umum, yaitu sistem menjamin proses pengelolaan data yang lebih transparan, terpadu, akurat, cepat, mudah, dan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku, serta bekerja secara realtime online (daring waktu-nyata). Fitur baru Ajuan SKBK dalam SIMPATIKA ini mempunyai 3 (tiga) keunggulan utama, yaitu:

1. Bekerja secara realtime online dan terpadu

Sistem yang bersifat realtime online dan terpadu memungkinkan proses pengajuan SKBK bisa dipantau setiap saat secara langsung dari mana saja dan kapan saja. Guru yang mengajukan SKBK bisa memantau seluruh proses pengajuannya dari awal hingga akhir. Setiap guru bisa mengetahui apakah SKBK yang diajukannya telah diproses dan dinilai dengan benar. Begitu sebuah ajuan SKBK selesai dinilai, saat itu juga guru yang bersangkutan dapat melihat hasilnya melalui akun SIMPATIKA masing-masing. Dengan demikian, tak ada waktu tunggu dalam pemrosesan data, serta terpusat dan terpadu dalam penyajian data.

2. Data berbasis data nyata jadwal mengajar guru

Data utama SKMT dan SKBK diambil dari sumber primer jadwal mengajar guru yang sebenarnya. Informasi jumlah jam mengajar, rasio guru dan siswa, mata pelajaran yang diampu, dan sebagainya, diambil langsung dari jadwal kelas dan guru yang telah ada dalam layanan SIMPATIKA. Sistem penjadwalan dalam SIMPATIKA cukup cerdas untuk bisa mencegah adanya jadwal ganda atau jadwal bentrok. Ini berkat sistem yang terpadu dalam SIMPATIKA. Dengan demikian, data yang digunakan dalam SKMT dan SKBK lebih akurat, terpercaya, dan dapat dipertanggung-jawabkan keabsahannya.

3. Penilaian yang terotomasi oleh sistem

Penilaian kelayakan SKBK dalam layanan SIMPATIKA dilakukan secara otomatis oleh sistem berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku untuk Tunjangan Profesi. Sepanjang data primer yang dimasukkan adalah data yang benar maka penilaian hasil kelayakan juga benar dan sesuai aturan. Tidak ada pemasukan data berulang sehingga kemungkinan data ganda atau salah entri menjadi sangat kecil. Dengan demikian, hasil penilaian SKBK dari layanan SIMPATIKA untuk penentuan kelayakan Tunjangan Profesi menjadi lebih akurat, cepat, mudah, dan akuntabel.

Dengan 3 keunggulan tersebut, fitur Ajuan SKBK dalam layanan SIMPATIKA menjadi fitur eksklusif yang belum tersedia di layanan-layanan lain sejenis.

Perhitungan jumlah jam mengajar.

Perhitungan jumlah jam mengajar.

Layanan SIMPATIKA yang bekerja secara realtime online, terpadu, dan pintar, membuat pihak Kantor Kemenag dari kota dan kabupaten hingga tingkat nasional menjadi sangat terbantu dalam pengelolaan PTK secara lebih profesional, cepat, mudah, dan lengkap. Sistem layanan SIMPATIKA menjamin aturan dan prosedur dilaksanakan dengan benar, data-data yang digunakan bersumber dari data sebenarnya, serta proses yang cepat dan mudah dengan bantuan teknologi, sehingga keluaran dari sistem ini adalah informasi yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Penilaian status kelayakan Ajuan SKBK.

Penilaian status kelayakan Ajuan SKBK.

Fitur Ajuan SKBK ini akan segera diluncurkan dalam bulan Februari 2016. Kapan tepatnya? Tunggu saja tanggal tayangnya di SIMPATIKA.

 

— Januari 2016.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 7 Komentar pada "Pratayang Fitur Baru SIMPATIKA: Ajuan SKBK"

  1. Abdoel Moekty

     |
    January 28, 2016 at 4:14 am

    Hhhhmm..yg bkin jengkel mengapa sy sdh sertifikasi,di pusat kemenag profinsi lom sertifikasi,kesalahan dimana ya?

  2. Umi Faidah

     |
    January 30, 2016 at 9:09 am

    kalau rasioa diberlakukan apa tidak kasihan dengan sekolah yg muridnya sedikit…??? bukankah sekolah/madrasah sudah mulai ada kemajuan dengan adanya TPG, pada akhirnya nanti sekolah yg gemuk semakin gemuk, sekolah yg kurus semakin kurus dan akhirnya gulung tikar krn imbasnya diberlakukan rasio, sekolah yg tdk memenuhi rasio guru2nya jadi malas ngajar yg jadi korban ank didik. mohon pemerintah mempertimbangkannya

  3. Rahmawati Surya Wijaya,S,Pd.I

     |
    February 1, 2016 at 2:03 am

    bagaimana solusinya apabila pada semeter 1 belum verval data? mohon penjelasannya

  4. SURTIANI

     |
    February 1, 2016 at 2:35 pm

    ADMIN YTH : 1. jumlah JTM mapel agama minimal mengajar berapa jam dalam seminggu ? apakah 24 jam atau 6 jam minimal yang sesuai dengan sertifikasinya ?
    2. apakah masih bisa mapel serumpun 24 jam dipakai di MI ( A Qadits, Fiqih, A akhlaq, SKI )
    MOHON PENJELASANNYA !

  5. IDRUS

     |
    February 7, 2016 at 10:36 pm

    Untuk guru yg gk S1 dan tenaga pendidikan tugasx sbgai TU dapat gak tunjangan..?

  6. ROFIUDDAROJAT, S.Pd

     |
    February 29, 2016 at 11:34 pm

    Bulan februari tunggu. Kenyataannya bagaimna nih?? Simpatika ini kemenag loh hati2 dengan sebuah kata2.. atau janji..

  7. irfan afandi

     |
    June 28, 2016 at 3:12 pm

    mohon maaf admin simpatika, saya mau konfirmasi mengenai set kurikulim RA disimpatika, ada satu RA yang mengalami masalah saat membuat set kurikulum, karna kurikulumnya tidak mau muncul. mohon pencerahaannya terimakasih

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0