Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / BERSELANCAR DI KEDALAMAN “DEEP WEB” – SISI LAIN DUNIA MAYA
BERSELANCAR DI KEDALAMAN “DEEP WEB” – SISI LAIN DUNIA MAYA
0 Komentar | Dibaca 1180 kali
AHMAD FATHONI @fathoni002
18 February 2016

3F3

Sebagian dari pembaca mungkin pernah mendengar yang namanya “Deep Web”, tapi ada juga yang belum. Bagi yang belum mengenal apa itu deep web tulisan ini akan coba mengulas bagian terluar dari deep web.

Deep Web atau deep net atau hidden web  atau invisble web adalah bagian dari internet yang tidak terjaring oleh mesin pencari biasa seperti google, yahoo, Bing dan sejenisnya. Konon 90% isi internet berada di kedalaman deep web ini. Banyak yang mengatakan; Deep web is the real internet. Menurut Wikipedia  deep web 400 – 500 kali lebih banyak dari surface web. Jika diibaratkan gunung es, maka surface web hanyalah puncak dari gunung tersebut, selebihnya tersembunyi jauh di dasar samudra.

Ada sedikit perbedaan pendapat mengenai deep web ini. Sebagian mengatakan bahwa deep web adalah seluruh isi internet yang tidak terjaring mesin pencari termasuk di dalamnya adalah data-data yang memerlukan login untuk mengaksesnya seperti pesan e-mail, pesan facebook dan website yang tidak mengijinkan untuk dicrawl oleh mesin pencari. Sebagian lain berpendapat bahwa deep web adalah web yang berada di ‘kedalaman’ yang tidak bisa dicrawl dengan mesin pencari dan tidak bisa diakses dengan web browser biasa.

Mengapa deep web?

“Jualan” utama deep web adalag Privacy. Dengan The Onion Router (TOR) anda tidak akan terlacak dan total anonim. Konsekwensi dari anonimitas ini adalah banyak kejahatan yang bersembunyi di kedalaman deep web. Ketika anda berselancar di deep web jangan heran kalau anda menemukan situs-situs yang menawarkan pembelian senjata api ilegal, obat-obatan terlarang, pembunuh bayaran, kegiatan hacking dan sejenisnya, bahkan sampai human trafficking. Hal ini kemudian menyebabkan deep web identik dengan Dark web.

Namun tentu saja tidak semuanya demikian. Facebook bahkan sudah meluncurkan layanan berselancar di dengan anonim di deep web ini yang beralamat di https://facebookcorewwwi.onion/.  Selain Facebook layanan mesin pencari anonimous DuckDuckGo dan StartPage juga bisa anda nikmati. (Keterangan: Semua situs di deep web menggunakan domain *.onion).

Hal lain yang menjadi [kalau boleh saya sebut] keunggulan deep web adalah mata uang yang dipakai bertransaksi. Mata uang yang berlaku di deep web adalah Bitcoin, mata uang digital dengan nilai tukar yang sangat tidak stabil namun tidak terlacak. Anda bisa bertransaksi secara anonim dengan Bitcoin. Anda tidak memerlukan bank atau nama asli untuk berbelanja dengan Bitcoin. Anonimous! (Silahkan baca: https://www.bitcoin.com/ atau  What is bitcoin?  atau Bitcoin Mining)

Bagaimana cara berselancar di deep web?

Untuk berselancar/browsing di deep web, anda harus menginstal  TOR browser di komputer anda. (Silahkan klik DI SINI untuk keterangan cara menginstal TOR Browser). Dengan TOR, IP address anda akan dibenturkan ke sana-kemari sehingga sulit untuk dilacak, bahkan oleh pemerintah AS sekalipun dengan syarat anda mengikuti semua petunjuk yang diberikan oleh TOR.

Untuk alamat-alamat website di deep web bisa anda cari di hidden wiki atau download DI SINI.

Demikian sedikit sharing tentang deep web, jika ada kekeliruan mohon dikoreksi via komentar.

 

DISCLAIMER:

Artikel ini bertujuan untuk keperluan informasi dan pengetahuan semata-mata. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik materil maupun non materil ataupun kerusakan barang yang diakibatkan oleh penggunaan artikel ini.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SIGIT APRISAMA

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0