Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / BERSELANCAR DI KEDALAMAN “DEEP WEB” – SISI LAIN DUNIA MAYA
BERSELANCAR DI KEDALAMAN “DEEP WEB” – SISI LAIN DUNIA MAYA
0 Komentar | Dibaca 1436 kali
AHMAD FATHONI @fathoni002
18 February 2016

3F3

Sebagian dari pembaca mungkin pernah mendengar yang namanya “Deep Web”, tapi ada juga yang belum. Bagi yang belum mengenal apa itu deep web tulisan ini akan coba mengulas bagian terluar dari deep web.

Deep Web atau deep net atau hidden web  atau invisble web adalah bagian dari internet yang tidak terjaring oleh mesin pencari biasa seperti google, yahoo, Bing dan sejenisnya. Konon 90% isi internet berada di kedalaman deep web ini. Banyak yang mengatakan; Deep web is the real internet. Menurut Wikipedia  deep web 400 – 500 kali lebih banyak dari surface web. Jika diibaratkan gunung es, maka surface web hanyalah puncak dari gunung tersebut, selebihnya tersembunyi jauh di dasar samudra.

Ada sedikit perbedaan pendapat mengenai deep web ini. Sebagian mengatakan bahwa deep web adalah seluruh isi internet yang tidak terjaring mesin pencari termasuk di dalamnya adalah data-data yang memerlukan login untuk mengaksesnya seperti pesan e-mail, pesan facebook dan website yang tidak mengijinkan untuk dicrawl oleh mesin pencari. Sebagian lain berpendapat bahwa deep web adalah web yang berada di ‘kedalaman’ yang tidak bisa dicrawl dengan mesin pencari dan tidak bisa diakses dengan web browser biasa.

Mengapa deep web?

“Jualan” utama de