Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Ciri-Ciri Guru Yang Disukai Siswa
Ciri-Ciri Guru Yang Disukai Siswa
0 Komentar | Dibaca 1192 kali
Yuviter Pradeska @pradeska
02 February 2016

Artikel tentang ciri-ciri Guru yang disukai siswa ini saya publikasikan dengan tujuan sebagai intropeksi diri agar lebih baik lagi kedepannya. dan saya kutip dari salah satu blog pendidikan. Ada rasa bangga tersendiri ketika guru banyak diingat oleh siswa yang pernah mengenalnya, itu artinya guru tersebut mempunyai kesan baik terhadap siswanya. Karena umumnya guru dengan karakter yang baik yang masih diingat siswa yang telah lama lulus, bahkan mereka tidak segan memanggil, menyapa, tersenyum, mengajak salaman, mencium tangan, menanyakan kabar, bercerita setelah sekian lama tidak bertemu. Kemungkinan besar siswa masih ingat  apapun yang pernah diajarkan dan diceritakan oleh guru yang mereka senangi.

Berikut beberapa “ciri-ciri Kepribadian guru yang Disenangi Siswa”

  1. Sifat cerdas

Tidak bisa disebut/dipanggil guru jika dia tidak cerdas karena sosok seorang guru harus mempunyai pemikiran dan sikap cerdas pada semua aspek. Cerdas bukan hanya dilihat dari kapasitas otaknya yang selalu mampu memberikan materi pembelajaran yang terbaik tapi juga cerdas dalam menanggapi situasi/keadaan siswanya. Tentu siswa menyukai dan mengingat guru yang selalu mampu menjawab setiap pertanyaan dengan cerdas yang diberikan oleh siswa karena itulah tugas gurunya harus mampu menjawwab ketidaktahuan siswa. akan tetapi guru juga harus cerdas membaca kondisi siswanya, harus cerdas kapan harus berubah fungsi dari guru menjadi seorang orang tua (ibu/bapak), dari guru menjadi kakak, dari guru menjadi hakim atau dari guru menjadi sahabat. Siswa paham sekali guru seperti apa yang bisa menjadi wadah mereka mencurahkan setiap masalahnya, ketika siswa sudah menemukan figur guru tersebut maka hubungan yang baik akan selalu terjalin antara siswa dan guru walaupun siswa tersebut sudah lama lulus dari sekolahnya.

2. Sifat komunikatif

Ada banyak aktifitas yang dilakukan bersama antara guru dan siswa baik itu langsung maupun tidak langsung, aktifitas yang mengharuskan komunikasi antar guru dan siswa. guru dengan komunikasi yang baik akan selalu diingat oleh siswa. berikut adalah beberapa komunikasi yang baik, Nah Tersenyum adalah salah satu bentuk komunikasi yang mampu menciptakan judge ramah terhadap seseorang. Guru selalu tersenyum ketika ada siswa yang tersenyum atau bahkan gurunya terlebih dahulu yang memberi senyum kepada siswanya. Sifat guru yang murah senyum akan selalu diingat oleh siswa karena selain senyum adalah ibadah dengan senyuman siswa akan merasa disayangi gurunya dan merasa diperhatikan.</li><br>
<li>Selalu menanggapi pendapat siswa dengan baik

3. Sifat Perhatian

Siapa yang tidak ingin diperhatikan? Saya pikir tidak ada manusia yang tidak membutuhkan perhatian, baik itu dari diri sendiri, lingkungan keluarga, masyarakat atau bahkan lingkungan sekolah. Begitupun seorang siswa yang selalu menyukai figur guru yang perhatian kepada setiap siswanya. Setiap bentuk perhatian yang diberikan oleh guru selalu diingat oleh siswa baik itu dengan cara yang lembut bahkan perhatian dengan marah. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan guru pada siswanya:

 

Selengkapnya baca di link sumber artikel pendidikan: Ciri-Ciri Guru Yang Disenangi Siswa

 

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ZAINAL ARIFIN

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0