Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Dampak Internet Dan Media Sosial Pada Pendidikan (bag. 2)
Dampak Internet Dan Media Sosial Pada Pendidikan (bag. 2)
1 Komentar | Dibaca 1510 kali
Mr Bee @paklebah
22 February 2016

B. Tantangan Pendidikan di Era Internet dan Media Sosial


 

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan bagaimana teknologi internet dan media sosial telah dan akan mengubah peradaban manusia di abad 21. Nyaris seluruh lini kehidupan manusia modern tak bisa melepaskan diri dari pengaruh internet dan media sosial, baik yang bersifat positif maupun negatif. Termasuk juga dunia pendidikan.

Dalam pendidikan, setidaknya ada empat pihak yang terlibat, yaitu: siswa, orang tua, guru dan staf kependidikan, serta sekolah melalui pihak-pihak yang mewakilinya (mulai dari kepala sekolah, kepala dinas, hingga menteri pendidikan). Dalam proses pembelajaran, setidaknya ada empat sarana yang dibutuhkan, yaitu: kurikulum (materi dan metode pembelajaran), perangkat belajar (alat tulis, perabot, dan ruang kelas), waktu belajar, dan tempat belajar. Internet dan media sosial memberi dampak terhadap masing-masing pihak dan sarana pendidikan tersebut.

A. Dampak Positif Internet dan Media Sosial

Beberapa dampak positif internet dan media sosial di dunia pendidikan, antara lain:

1. Interaksi dan Komunikasi

Dampak terbesar pertama internet dan media sosial dalam pendidikan adalah komunikasi dan interaksi antar pihak yang terlibat dalam pendidikan. Sebelum ada media sosial, komunikasi antara guru dengan orang tua siswa lebih bersifat searah dan formal dengan frekuensi yang rendah. Umumnya hanya terjadi pada peristiwa-peristiwa tertentu seperti menjelang ujian atau pada saat pertemuan wali siswa. Namun dengan adanya media sosial, para orang tua dan guru bisa membuat kelompok obrolan (chat group) lalu saling berbagi informasi di antara mereka terkait perkembangan anak didik. Komunikasi menjadi dua arah dan terbangun mekanisme saling mengawasi antara guru dan orang tua.

Di sisi lain, komunikasi antara guru dan siswa juga menjadi lebih dekat melalui media sosial. Komunikasi guru dan siswa bisa berlanjut di luar jam sekolah dengan melalui internet dan media sosial. Interaksi