Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Data EMIS Untuk Pendataan RA dan Madrasah
Data EMIS Untuk Pendataan RA dan Madrasah
0 Komentar | Dibaca 2463 kali

EMIS Pendis adalah singkatan dari Education Management Information System yang merupakan sistem pendataan seluruh lembaga pendidikan dibawah naungan Kemenag, baik tingkat PAUD-RA maupun Madrasah.

Untuk menjamin sistem data yang cepat dan akurat Kementerian Agama mempercayakankan pilihannya kepada web online melalui http://emispendis.kemenag.go.id. Pendataan pada sistem online ini tentu tak jauh beda pada online Dapodik kemdikbud di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, yaitu dapat menampilkan semua data lembaga yang terdaftar aktif, PTK, siswa dan jenis sarana dan prasarana yang dimilki lembaga tersebut, hanya pada sistem penginputannya yang mungkin sedikit berbeda.

Syarat untuk dapat menginput data EMIS lembaga adalah:

  1. Memilki izin opersional dari Kementerian Agama
  2. Memiliki NSRA/NSM dari Kementerian Agama
  3. Memilki NPSN yang diterbitkan oleh Kemdikbud
  4. Serta operator sudah terdaftar di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/

Emis

Proses penginputan Data Emis Online sebelumnya melalui beberapa tahapan yaitu, pengisian pada format excel untuk selanjutnya di pindahkan/di upload ke Aplikasi Disktop yang dirilis setiap semester (ganjil dan Genap), kemudian proses pembackupan dan terakhir hasil backup tersebut diupload ke online web emis sesuai yang dijadwalkan setiap daerah masing-masing.

Untuk mendapatkan aplikasi pengisian EMIS ini baik form excel maupun aplikasi disktopnya bisa kita download secara mandiri di beberapa website dan blog yang dengan mudah kita temukan melalui pencarian google, atau langsung masuk kesitus resmi Emis Pendes Kemenag.

Emis3

Ada beberapa kasus kesulitan penginputan data EMIS diantaranya:

  1. Pada format excel terjadi kesalahan input data (tidak valid) karena sebagian operator tidak memperhatikan pentunjuk yang disediakan
  2. Banyak terjadi kasus kesalahan pada penginputan data informasi personal, hal ini akan dilihat setelah diupload pada aplikasi disktop terlihat banyak yang berwarna merah, sistem aplikasi tidak akan bisa menyimpan data karena berstatus gagal validasi, oleh karena itu selain mmperhatikan petunjuk juga  memerlukan pemahaman dalam pengisian pada format personal ini.
  3. Pada aplikasi disktop tidak semua jenis komputer/laptop bisa digunakan dan untuk sementara hanya widows 7 dan windows 10 (bit 32 dan bit 64) yang bisa suport, dan menurut pengalaman kami yang selain itu belum bisa berfungsi normal.
  4. Pada proses pembackupan kesalahan sekecil apapun akan terbaca sistem seperti, NIS/NISN yang terisi ganda, antara rekap dan detail beda dsb, sehingga akan mengalami beberapa proses pengulangan untuk mendapatkan data yang cocok.

Adapun beberapa tingkat kemudahan dan kelebihan dalam penginputan data EMIS ini diantaranya:

  1. Menggunakan fomat excel akan memudahkan operator karena kolom sudah tersedia dan mudah dalam pengisian data yang berurutan atau data yang sama.
  2. Menggunakan format excel bisa lebih cepat karena bisa kopi paste walau hal tersebut tidak disarankan dalam petunjuk pengisian yang disediakan.
  3. Pada saat masuk aplikasi disktop setelah login menggunakan NSRA/NSM lembaga pada bagian isian profil RA/Madrasah sudah otomatis terisi dari isian semster sebelumnya.
  4. Fitur Aplikasi Disktop setiap semesternya terus mengalami pebaikan dan kemudahan
  5. Pada proses mengonlinekan hasil backup sangat mudah dan cepat karena tidak memerlukan banyak pulsa data yang dikeluarkan, dikarenakan data file hasil backup sangat sampel dan ringan.
  6. Karena hasilnya sudah dijamin akurat, maka data yang berhasil dionlinekan langsung bisa terpublikasi tanpa menunggu persetujuan dari admin kemenag pusat maupun daerah.

Emis3

Emis3

Semuanaya memang tentu tidak ada kesempurnaan dari sebuah sistem, tentu ada saja tingkat kelemahan dan kelebihannya, tapi dari ketidak sempurnaan itulah kita tentu banyak belajar untuk terus mengadakan perbaikan.

Semoga saya serta kawan-kawan operator RA dan Madrasah seluruh Indonesia tambah semangat dan terus memupuk diri menjadi lebih profesional dalam bekerja, kalau ada sedikit pamrih yang kita dapatkan dari hasil pekerjaan kita tersebut anggaplah sebagai rejki untuk kita dan kalau belum ada pamrih yang kita dapatkan maka bersabarlah, semoga kedepan ada perbaikan, dan semoga apa yang kita kerjakan bernilai ibadah untuk kehidupan selanjutnya..salam operator!

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Uno

Saya suka sekali berbagi antar sesama, terutama bidang pendidikan, dan sebagai sarana belajar saya mambuat ...
Daftar Artikel Terkait :  4

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0