Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Kajian Fitur SIMPATIKA: Bantuan Daring
Kajian Fitur SIMPATIKA: Bantuan Daring
0 Komentar | Dibaca 1087 kali
Wacana @wacanaku
29 February 2016

Salah satu ukuran menilai baik atau buruk sebuah layanan sistem informasi adalah ketersediaan layanan bantuan bagi penggunanya. Jika sebuah layanan sistem informasi tidak menyediakan bantuan bagi penggunanya, sudah jelas layanan tersebut bukan layanan yang baik. Layanan yang demikian tidak menghargai dan menghormati penggunanya sendiri dan seharusnya layanan yang demikian dihindari saja.

Bantuan pengguna pun tidak hanya sekadar ada, tapi juga harus baik dan lengkap. Baik dalam artian benar-benar membantu pengguna sehingga pengguna dimudahkan dalam menggunakan aplikasi dari layanan tersebut. Lengkap dalam artian harus meliputi seluruh fitur yang disediakan layanan dan serta hal-hal terkait dengan penggunaan layanan. Jika sebuah layanan sistem informasi sudah menyediakan bantuan bagi pengguna, bagaimana kita menilai apakah bantuan yang tersedia itu sudah cukup baik dan lengkap?

Beragam bantuan pengguna dalam layanan SIAP Online.

Beragam bantuan pengguna dalam layanan SIAP Online.

KRITERIA FITUR BANTUAN YANG BAIK

Ada beberapa kriteria yang bisa kita gunakan untuk menilai mutu bantuan pengguna, antara lain:

1. Penjelasan Yang Mudah Dipahami

Bantuan pengguna tidak hanya sekadar tumpukan dokumen tebal dengan bahasa teknis yang rumit. Bahasa bantuan harus setara dengan pengetahuan pengguna sehingga pembaca lebih mudah dalam memahami istilah, sebutan, nama, singkatan, dan sebagainya beserta penjelasan-penjelasan di dalamnya. Tak cukup dengan bahasa yang mudah dipahami, bantuan juga seharusnya dilengkapi dengan gambar-gambar pendukung yang membantu pemahaman pembaca. Jika perlu, gunakan bahan multimedia untuk lebih memperjelas lagi, seperti video.

2. Penggunaan Judul Yang Jelas

Secara umum, ada 2 (dua) hal yang dijelaskan dalam bantuan pengguna. Pertama adalah penjelasan yang menerangkan tentang sesuatu. Bantuan jenis ini sifatnya informatif (pengetahuan) dan deskriptif (penjelasan). Judul untuk bantuan jenis ini sebaiknya berbasis kata benda, seperti “Apa itu N