Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Panduan Membuat Perangkat Pembelajaran Guru Yang Benar
Panduan Membuat Perangkat Pembelajaran Guru Yang Benar
0 Komentar | Dibaca 1635 kali
Yuviter Pradeska @pradeska
11 February 2016

Bagaimana membuat Perangkat Pembelajaran Guru yang benar? Guru yang baik adalah guru yang memiliki kemampuan profesional dan juga memiliki kemampuan kepribadian dan sosial yang prima pula. Sebagaimana dipersyaratkan dalam Standar Pendidikan Nasional (2005) yang mempersyaratkan empat kompetensi bagi seorang guru, yaitu kemampuan: (1) kepribadian, (2) profesional, (3) kependidikan, dan (4) sosial (Arikunto, 2006:1). Keempat kemampuan tersebut merupakan ukuran produktivitas guru yang dinilai oleh kepala sekolah, rekan sesama guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Jika kinerja guru baik, maka produk yang akan dihasilkannya tentu juga akan baik. Produktivitas kerja guru, sebenarnya sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru yang bersangkutan. Jika kompetensi guru baik maka dapat dipastikan bahwa produktivitas.

pelatihan

kerjanya akan baik pula. Pada hakikatnya guru akan dianggap menjadi pribadi yang menarik jika guru mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Hasil penelitian yang dilakukan Yusuf, dkk. (2009) mengungkapkan bahwa guru yang memegang mata pelajaran sosiologi di SMAN 13 Surabaya, dalam melaksanakan tugasnya di kelas masih didominasi dengan pemakaian cara mengajar gaya konvensional. Modifikasi yang dilakukan para guru selama melaksanakan tugas pembelajarannya, lebih banyak mengarah pada mengandalkan pemanfaatan media modern, seperti mengumpulkan kliping yang diambil dari internet dan jarang yang menggunakan metode, strategi maupun tehnik-tehnik pembelajaran yang telah banyak berkembang. Para guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran sehari-hari nampak berjalan secara rutinitas belaka tanpa muncul adanya inovasiinovasi untuk memperbaharui kualitas pembelajaran.

Untuk memperoleh keberhasilan belajar sebagai seorang guru, kita haruslah dapat memperhatikan karekteristik-karekteristik dalam belajar. Cara mengajar guru haruslah mengena pada ketercapaian sasaran berupa efektifitas dan efesiensi dalam mengajar. Guru yang melaksanakan proses pembelajaran tentu menggali potensipotensi yang ada pada siswa, dengan merangsang dari luar dan tentu juga dibutuhkan kemampuan seorang guru untuk melakukannya secara kontinu. Selanjutnya silahkan …

DOWNLOAD PANDUAN MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Movie Box

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0