Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Pendidik dalam Al Quran dan hadits
Pendidik dalam Al Quran dan hadits
0 Komentar | Dibaca 943 kali
SUKRI @sukri19
03 February 2016

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tugas manusia yang pertama adalah menjadi hamba Allah yang taat, sebagaimana firman Allah dalam Al Quran Surat Adz-Dzariyat 56, yang artinya: ”Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mengabdi (ibadah) kepada-Ku.“ Manusia diperintah untuk beribadah hanya kepada Allah, karena tidak ada tuhan selain Dia.“Sembahlah Allah, sekali-kali tak ada tuhan bagimu selain-Nya”(Q.S. Al-A’raaf: 59).
Dalam rangka menjalani tugasnya tersebut, Allah telah membekali dengan ilmu pengetahuan, Inilah cikal bakal ilmu pengetahuan yang diajarkan kepada manusia pertama dari Sang Pemilik Ilmu. Selain kepada Nabi Adam AS., Allah SWT juga memberikan hikmah (kenabian, kesempurnaan ilmu dan ketelitian amal perbuatan) kepada para nabi dan rasulnya. Kepada sebagian rasul pula, Allah menurunkan kitab suci sebagai sumber ilmu pengetahuan..
Pada dasarnya, sistem pendidikan Islam didasarkan pada sebuah kesadaran bahwa setiap Muslim wajib menuntut ilmu dan tidak boleh mengabaikannya. Banyak nash al-Qur’an maupun hadits Nabi yang menyebutkan juga keutamaan mencari ilmu dan orang-orang yang berilmu. Sesungguhnya motivasi seorang Muslim untuk mencari ilmu adalah dorongan ruhiyah, bukan untuk mengejar faktor duniawi semata.
Sesuai dengan latar belakang di atas maka dalam judul makalah ini adalah “Konsep Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadist’ yang nantinya akan menjadi beberapa rumusan masalah.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana konsep pendidikan islam ?
2. Bagaimana ayat-ayat Alquran tentang konsep pendidik dalam pendidikan islam ?
3. Bagaimana analisis ayat Al-Qur’an tentang pendidik dalam pendidikan islam ?
4. Bagaimana hadits – hadits tentang konsep pendidik dalam pendidikan islam ?
5. Bagaimana analisis Hadist tentang konsep pendidik dalam pendidikan islam ?
C. Tujuan Pembahasan
1. Menjelaskan konsep pendidikan islam
2. Menjelaskan ayat-ayat Alquran tentang konsep pendidik dalam pendidikan islam
3. Menjelaskan analisis ayat Al-Qur’an tentang pendidik dalam pendidikan islam
4. Menjelaskan hadits – hadits tentang konsep pendidik dalam pendidikan islam
5. Menjelaskan analisis Hadist tentang konsep pendidik dalam pendidikan islam

BAB II
PEMBAHASAN

A. Konsep Pendidikan Islam
Secara garis besar, konsepsi pendidikan dalam Islam adalah mempertemukan pengaruh dasar dengan pengaruh ajar. Pengaruh pembawaan dan pengaruh pendidikan diharapkan akan menjadi satu kekuatan yang terpadu yang berproses ke arah pembentukan kepribadian yang sempurna. Oleh karena itu, pendidikan dalam Islam tidak hanya menekankan kepada pengajaran yang berorientasi kepada intelektualitas penalaran, melainkan lebih menekankan kepada pendidikan yang mengarah kepada pembentukan kepribadian yang utuh dan bulat.
Dalam kaitan pe