Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Travelling

Beranda / Travelling / TIPS MENGHADAPI HUJAN BADAI DI GUNUNG
TIPS MENGHADAPI HUJAN BADAI DI GUNUNG
0 Komentar | Dibaca 1117 kali
AHMAD FATHONI @fathoni002
19 February 2016

Salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan bagi saya ketika liburan sekolah adalah mendaki gunung. Hampir setiap liburan akhir semester saya isi dengan kegiatan mendaki. Indonesia kaya dengan gunug-gunung yang megah dan menjulang tinggi, bahkan salah satu puncaknya yaitu Carstensz Pyramid (4,884 mdpl), di tanah Papua  dengan salju abadinya masuk dalam jajaran seven (7) summit. Selain itu, trek pendakian terbaik di Asia Tenggara ada di Indonesia. Lombok dengan gunung Rinjaninya adalah salah satu  Tempat Jelajah Terbaik di Asia Tenggara.(Sila baca-baca perjalanan petualangan saya di SINI)

Masihkah anda  tidak merasa bangga menjadi Warga Negara Indonesia? Saya bangga!

Kegiatan mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental kuat dan persiapan yang matang, karena kita akan berhadapan dengan trek yang terjal, panas yang ekstrim, dingin yang ekstrim dan cuaca yang kadang tidak menentu. Cuaca di gunung susah ditebak, badai bisa datang kapan saja. Oleh karena itu dalam artikel ini ada beberapa tips yang mau saya sampaikan jika suatu ketika nanti anda terkena badai saat mendaki gunung. (Baca catatan saya saat menghadapi badai Rinjani di SINI)

mahameru

Semeru Trekking – Puncak Mahameru. Foto: H. Ahmad Nasrullah, MT

Berikut adalah tips-tips saat terkena badai di gunung

1. Kenakan raincoat (jas hujan/Ponco)
Ketika mau mendaki gunung kapanpun dan bagaimanapun cuaca, raincoat menjadi salah satu perlengkapan pendakian yang wajib dibawaoleh setiap pendaki. Saat terkena hujan badai, bisa dipergunakan untuk menutupi badan agar tidak terkena hujan. Selain itu raincoat juga bisa kita manfaatkan untuk membuat bivak (tempat bert