Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Dampak Internet Dan Media Sosial Pada Pendidikan (bag. 3)
Dampak Internet Dan Media Sosial Pada Pendidikan (bag. 3)
0 Komentar | Dibaca 804 kali
Mr Bee @paklebah
12 March 2016

C. Solusi Pendidikan Daring di Indonesia


 

Dalam artikel sebelumnya, kehadiran internet dan media sosial memberikan tantangan baru bagi dunia pendidikan. Hal ini pun berlaku bagi dunia pendidikan di Indonesia. Banyak pihak, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang telah berupaya memanfaatkan internet untuk meningkatkan mutu dan memajukan pendidikan di Indonesia. Tak hanya pihak dari dalam negeri, dari luar negeri pun ada yang berusaha masuk ke Indonesia. Layanan dan aplikasi yang ditawarkan pun sangat beragam, menyasar mulai dari siswa hingga kementerian, mulai dari materi belajar hingga jual-beli elektronik (e-commerce) dan pasar daring (online marketplace).

Berikut adalah beberapa layanan dan aplikasi pendidikan yang hadir di Indonesia:

A. Layanan dari Pemerintah

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah membangun cukup banyak layanan pendidikan daring. Di laman web resmi Kemdikbud di dapodik.kemdikbud.go.id terpampang beragam layanan yang tersedia. Berikut bebeberapa layanan daring yang penting dari Kemdikbud:

1. Data Pokok Pendidikan

Data Pokok Pendidikan atau disingkat Dapodik adalah aplikasi pendataan 4 (empat) elemen dasar pendidikan, yaitu:

  • Peserta didik (siswa),
  • Materi pendidikan (mata pelajaran dan kurikulum),
  • Tenaga kependidikan (guru dan staf), dan
  • Satuan pendidikan (sarana, sekolah, dan kedinasan).

Dalam sistem Dapodik berlaku 3 (tiga) identitas atau pengenal yang berlaku nasional, yaitu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), serta NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Entah mengapa tidak ada identitas bagi materi pendidikan, setidaknya untuk mata pelajaran. Seharusnya ada seperti NMPN (Nomor Mata Pelajaran Nasional) sebagai identitas mata pelajaran yang berlaku nasional dan menjadi acuan dalam sistem Dapodik untuk kurikulum dan mata pelajaran.

Dapodik adalah layanan berbasis data mikro (kecil dan sendiri) dan transaksional. Informasi yang dimiliki Dapodik menjadi dasar bagi sistem dan layanan yang lebih besar di atasnya, seperti untuk BOS (Bantuan Operasional Sekolah), sertifikasi guru, beasiswa, dan lain sebagainya. Karena itu, Dapodik sangat penting sebagai dasar data pendidikan di Indonesia.

2. Jendela

Jika Dapodik bekerja dengan basis data mikro dan untuk mengumpulkan data (input), maka layanan Jendela data bekerja dengan basis data makro (besar dan kelompok) dan untuk menampilkan informasi (output). Ibarat sungai aliran data, Dapodik adalah hulu dan Jendela data adalah hilirnya.

Dengan layanan Jendela data ini berbagai indikator mutu pendidikan Indonesia bisa terukur secara kuantitatif berdasarkan data yang akurat. Karena itu, layanan Jendela data ini sangat penting sebagai acuan tolok ukur mutu pendidikan di Indonesia.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI adalah aplikasi kamus daring untuk rujukan dan pencarian kata-kata baku dalam bahasa Indonesia. Layanan ini sangat berguna dalam pendidikan bahasa dan budaya. Layanan ini adalah salah satu layanan daring pemerintah yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat pengguna internet Indonesia.

B. Layanan dari Non Pemerintah

Layanan daring pendidikan dari Kemdikbud tersedia cukup banyak dan beragam. Namun semua itu adalah layanan yang terkait dengan kepentingan dan kebutuhan pemerintah serta bersifat administratif. Untuk kebutuhan lainnya, peran aktif masyarakat dan institusi non pemerintah sangat diperlukan.

Berikut adalah beberapa layanan pendidikan non pemerintah yang hadir di Indonesia:

1. PesonaEdu

Tampilan laman pesonaedu.com

Tampilan laman pesonaedu.com

PesonaEdu adalah penyedia aplikasi pendidikan dan materi pembelajaran yang interaktif (berupa aplikasi daring) dengan konstentrasi utama pada bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bahasa Inggris. Target penggunanya mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK).

2. RuangGuru

Tampilan laman ruangguru.com

Tampilan laman ruangguru.com

RuangGuru adalah layanan pasar daring (online marketplace) yang mempertemukan guru dan siswa untuk kemudian melanjutkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka langsung, semacam les privat. Guru dalam layanan ini tidak harus seseorang yang berprofesi guru, tapi bisa siapa saja yang mampu mengajar. Dengan layanan ini, siswa bisa mencari guru yang sesuai dengan keinginannya. Layanan menerapkan metode penilaian guru berdasarkan masukan dari murid yang pernah diajar.

3. Zenius.Net

Tampilan laman zenius.net

Tampilan laman zenius.net

zenius.net adalah layanan penyedia materi pembelajaran multimedia (berupa video) yang bisa diakses secara daring. Layanan ini menyediakan ribuan video pembelajaran untuk siswa dari jenjang SD hingga SMA/SMK meliputi beragam mata pelajaran. Bagi yang tak memiliki akses internet, materi Zenius juga bisa dipesan dalam bentuk CD/DVD.

4. HarukaEdu

Tampilan laman harukaedu.com

Tampilan laman harukaedu.com

HarukaEdu adalah layanan penyelenggara pendidikan daring. Layanan ini menyediakan kelas, jadwal, silabus, dan pengajar layaknya sebuah sekolah namun kegiatan belajar mengajarnya dilakukan secara daring. Layanan ini lebih ditujukan pada jenjang pendidikan tinggi formal. Layanan ini bekerja sama dengan beberapa institusi pendidikan resmi.

5. Squline

Tampilan laman squline.com

Tampilan laman squline.com

Squline adalah layanan penyelenggara pendidikan daring khusus untuk materi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Mandarin. Layanan ini juga menyediakan kelas, jadwal, silabus, dan pengajar yang kegiatan belajar mengajarnya dilakukan secara daring. Layanan ini mulai merambah pasar internasional.

6. WardayaCollege

Tampilan laman wardayacollege.com

Tampilan laman wardayacollege.com

WardayaCollege adalah penyedia materi pembelajaran multimedia (berupa video) yang tersedia secara daring. Layanan ini serupa dengan Zenius namun sementara ini Wardaya hanya berfokus pada materi pelajaran Matematika saja dan gratis.

7. Kelase

Tampilan laman kelase.com

Tampilan laman kelase.com

Kelase adalah layanan media sosial untuk pendidikan Indonesia. Sebagai media sosial, layanan ini menekankan pada komunikasi, kolaborasi, dan interaksi antar penggunanya. Fasilitas yang disediakan cukup beragam, meliputi media sosial (mirip Facebook), kelas, obrolan, grup atau komunitas, jadwal kegiatan, perpustakaan, berita dan pengumuman, serta pasar materi belajar, yang semuanya tersedia secara daring dalam layanan ini.

8. e-Tryout

Tampilan laman e-tryout.com

Tampilan laman e-tryout.com

e-Tryout adalah penyedia latihan soal secara daring. Layanan ini menyediakan kumpulan soal (bank soal) mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK serta persiapan ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) meliputi beragam mata pelajaran. Layanan tersedia dalam bentuk aplikasi komputer Windows dan ponsel Android.

9. TokoEdukasi

Tampilan laman tokoedukasi.com

Tampilan laman tokoedukasi.com

TokoEdukasi adalah toko daring penyedia perangkat dan alat pendidikan bagi siswa, guru, dan sekolah. Layanan ini menjual segala kebutuhan belajar-mengajar mulai dari yang sederhana dan murah hingga perangkat yang canggih dan mahal.

10. GoeSmart

Tampilan laman goesmart.com

Tampilan laman goesmart.com

GoeSmart adalah layanan media sosial untuk pendidikan Indonesia. Layanan ini serupa dengan Kelase namun dengan fitur yang berbeda. Layanan ini lebih fokus pada empat fitur utama yaitu obrolan, latihan soal, pasar materi belajar.

11. BulletinBoard

Tampilan laman id-bulletinboard.com

Tampilan laman id-bulletinboard.com

BulletinBoard adalah layanan media sosial khusus untuk guru dan orang tua siswa. Melalui layanan ini, guru dan orang tua siswa bisa berkomunikasi, berinteraksi, serta berbagi informasi seputar pendidikan dan kegiatan siswa selama di kelas atau sekolah.

12. 7Pagi

Tampilan laman 7pagi.com

Tampilan laman 7pagi.com

7Pagi adalah layanan media sosial yang khusus ditujukan pada guru dan orang tua siswa. Layanan ini serupa dengan BulletinBoard. Kedua layanan ini sama-sama lebih ditujukan pada orang tua siswa di jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD).

13. GeSchool

Tampilan laman geschool.net

Tampilan laman geschool.net

GeSchool adalah layanan pendidikan yang berusaha menggabungkan media sosial dan media belajar daring. Layanan ini ditujukan pada siswa dan guru untuk bersama-sama membentuk sebuah kelompok belajar atau kelas daring. Fasilitas media sosialnya yang berbasis pertemanan (serupa Facebook) bermanfaat untuk interaksi dan komunikasi antar pengguna layanan. Sementara fasilitas media belajarnya, terdiri dari materi belajar dan materi ujian, bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran daring.

14. SiBejoo

Tampilan laman sibejoo.com

Tampilan laman sibejoo.com

SiBejoo adalah penyedia materi pembelajaran multimedia (berupa video) yang tersedia secara daring. Layanan ini serupa dengan Zenius namun SiBejoo tersedia gratis dan hanya menyediakan materi pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam saja.

15. IniBudi

Tampilan laman inibudi.org

Tampilan laman inibudi.org

IniBudi adalah penyedia materi pembelajaran multimedia (berupa video) yang bisa diakses secara daring. Layanan ini serupa dengan SiBejoo yang tersedia gratis namun menyediakan materi pelajaran yang lebih lengkap dan beragam.

16. Sekolah Pintar

Tampilan laman sekolahpintar.com

Tampilan laman sekolahpintar.com

SekolahPintar adalah layanan penyelenggara pendidikan daring berbasis keahlian. Layanan ini serupa dengan HarukaEdu namun lebih kepada pada ilmu-ilmu praktis dan bersifat informal, seperti lembaga kursus bersertifikat. Layanan ini bekerja sama dengan banyak praktisi dan pakar terkenal dari ilmu terkait.

17. SIAP Online

Tampilan laman produk SIAP Online.

Tampilan laman produk SIAP Online.

SIAP Online adalah layanan pendidikan dari PT Telkom Indonesia (BUMN) yang menawarkan banyak sekali ragam aplikasi pendidikan, seperti aplikasi administrasi akademik sekolah (SIAP Sekolah), aplikasi administrasi penerimaan siswa baru (SIAP PPDB Online), layanan media sosial baik untuk komunitas pendidikan secara umum (SIAP Komunitas) maupun yang khusus untuk guru dan orang tua siswa (SIAP Ortu), layanan penyedia situs web sekolah (SIAP Web Sekolah), dan lain sebagainya. Dari sekian banyak layanan pendidikan daring di Indonesia, SIAP Online masih merupakan satu-satunya layanan pendidikan daring yang menyediakan hampir segala kebutuhan dunia pendidikan nasional yang mampu bekerja secara terpadu dan terpusat.

Tampilan laman SIMPATIKA setelah pengguna login.

Tampilan laman SIMPATIKA setelah pengguna login.

Salah satu kelebihan SIAP Online dibanding layanan pendidikan lainnya adalah adanya aplikasi administrasi pendidikan, meliputi administrasi akademik siswa, administrasi guru dan staf, serta administrasi sekolah, termasuk administrasi dinas kependidikan. Tak hanya menyediakan aplikasi administrasi, namun datanya juga bisa tersambung dengan data dari layanan resmi pemerintah, khususnya Dapodik. Tidak banyak layanan pendidikan lain di Indonesia yang mampu menyediakan integrasi dengan layanan dari pemerintah. Itu salah satu alasan mengapa layanan SIAP Online menjadi pilihan utama sekolah dan dinas pendidikan di Indonesia. Layanan PADAMU NEGERI yang digunakan oleh Kemdikbud adalah salah satu layanan yang berbasis SIAP Online. Demikian juga layanan SIMPATIKA yang digunakan oleh Kementerian Agama.

KESIMPULAN

Berdasarkan kajian beragam layanan pendidikan daring yang ada di Indonesia di atas, cukup beralasan jika disimpulkan bahwa pendidikan Indonesia telah cukup siap dan mampu menghadapi tantangan kemajuan teknologi ke depan. Pemerintah kita dan didukung oleh masyarakat penggiat pendidikan telah memiliki sumber daya yang cukup mumpuni untuk menerapkan teknologi komputasi dan informasi demi mendukung kemajuan pendidikan Indonesia.

 

— Malang, Maret 2016.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Lina Seyako

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  52
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0