Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Kajian Fitur: Rapor Siswa SIAP Sekolah
Kajian Fitur: Rapor Siswa SIAP Sekolah
0 Komentar | Dibaca 997 kali
Wacana @wacanaku
30 March 2016

Dalam administrasi akademik, salah satu tujuan akhirnya adalah penyusunan rapor siswa atau laporan nilai siswa. Itu sebabnya sehingga fitur rapor pasti tersedia di setiap aplikasi administrasi akademik mana pun. SIAP Online selaku salah satu layanan penyedia aplikasi administrasi akademik sekolah yang bernama SIAP Sekolah, tentu juga menyediakan fitur rapor siswa.

KELEBIHAN FITUR RAPOR SISWA SIAP ONLINE

Fitur rapor siswa di aplikasi SIAP Sekolah mempunyai beberapa kelebihan yang mungkin tak tersedia pada aplikasi administrasi sekolah lainnya. Antara lain:

1. Mudah Digunakan Dan Tersedia Secara Daring

Sebagaimana aplikasi lainnya dalam layanan SIAP Online, aplikasi administrasi sekolah SIAP Sekolah juga mudah digunakan dan tersedia secara daring. Panduan cara menggunakan aplikasi tersedia melalui layanan Bantuan SIAP Online. Jika masih ada kendala, pengguna bisa menghubungi Petugas Layanan Pengguna (Customer Service Officer) di laman aplikasi SIAP Online langsung.

Bantuan obrolan interaktif dari SIAP Online.

Bantuan obrolan interaktif dari SIAP Online.

Dan sebagai layanan daring, aplikasi SIAP Online tersedia kapan saja dan bisa diakses dari mana saja selama pengguna terhubung dengan internet. Apalagi dengan dukungan aplikasi bergerak (mobile app) di perangkat ponsel pintar, banyak aplikasi SIAP Online bisa digunakan dari genggaman. Dengan aplikasi daring, waktu dan jarak bukan lagi kendala yang berarti.

2. Mendukung KTSP Dan Kurikulum 2013

Karena satu dan lain hal, saat ini berlaku dua kurikulum pendidikan di Indonesia, yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 atau sering disebut sebagai K-13. Kedua kurikulum ini mempunyai metode penilaian yang berbeda sehingga memiliki bentuk rapor yang berbeda pula. Sebagian sekolah di Indonesia masih menggunakan KTSP dan sebagian lainnya telah menggunakan K-13.

Tampilan penilaian siswa berdasarkan Kurikulum 2006 (KTSP).

Tampilan penilaian siswa berdasarkan Kurikulum 2006 (KTSP).

Tampilan penilaian siswa berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13).

Tampilan penilaian siswa berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13).

SIAP Online yang melayani ribuan sekolah di Indonesia tentu juga mengakomodir kebutuhan kurikulum yang berbeda ini. Dalam aplikasi SIAP Sekolah, setiap sekolah bisa mengatur kurikulum mana yang diterapkan pada sekolah tersebut. Selanjutnya penilaian dan rapor siswa secara otomatis akan mengikuti aturan dari kurikulum yang diterapkan, baik itu KTSP atau K-13.

Tata cara mengisi nilai siswa di aplikasi SIAP Sekolah tersedia pada laman berikut: Panduan Kelola Penilaian Hasil Belajar Siswa (Rapor)

3. Terpadu Dengan Aplikasi SIAP Online Lainnya

Layanan SIAP Online menyediakan beragam jenis aplikasi untuk berbagai jenis pengguna dan kebutuhan. Semua aplikasi dalam SIAP Online bekerja secara terpadu dan sinergi satu dengan yang lain. Ini merupakan salah satu keunggulan utama layanan SIAP Online dibandingkan dengan layanan lain yang sejenis.

Termasuk juga fitur rapor siswa di aplikasi SIAP Sekolah. Proses input data nilai rapor siswa yang dilakukan oleh guru melalui aplikasi SIAP Sekolah juga bisa diakses oleh aplikasi lainnya. Tentu saja data-data tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna yang memang berhak untuk mengakses data rapor siswa. Contohnya, orang tua siswa bisa melihat rapor anaknya melalui aplikasi SIAP Ortu Mobile dengan cepat dan mudah, kapan saja, dimana saja, karena layanan SIAP Online tersedia secara daring.

Tampilan aplikasi SIAP Ortu Mobile.

Tampilan aplikasi SIAP Ortu Mobile.

Lebih jauh, data-data nilai siswa ini bisa dimanfaatkan untuk mengamati dan menggali informasi yang bermanfaat dalam skala yang lebih besar, misalnya hingga tingkat kota atau kabupaten atau bahkan nasional. Dari informasi tersebut, bisa menjadi dasar untuk mengevaluasi pendidikan kita secara umum dan mengambil kebijakan-kebijakan yang sesuai oleh instansi yang berkepentingan. Layanan SIAP Online juga menyediakan aplikasi SIAP Dinas untuk tampilan dan pengamatan dari informasi skala besar tersebut.

4. Data Disimpan Terpusat Dengan Aman

Walaupun data dan informasi yang dikelola dalam layanan SIAP Online bisa diakses dengan cepat dan mudah secara daring, namun data dan informasi tersebut tetap aman tersimpan di pusat layanan SIAP Online. Aman dalam makna terlindungi dari gangguan (secured) artinya data dan informasi hanya bisa diakses oleh orang yang memang berhak untuk mengakses data dan informasi tersebut.

Tampilan Rapor Siswa Digital di aplikasi SIAP Ortu Mobile.

Tampilan Rapor Siswa Digital di aplikasi SIAP Ortu Mobile.

Selain itu, aman juga bermakna terlindungi dari kerusakan (safe) artinya data dan informasi yang tersimpan secara digital dalam layanan SIAP Online terlindung dari resiko seperti kebakaran, gempa bumi, banjir, dan sebagainya. Hal ini dimungkinkan karena media penyimpan SIAP Online tersebar di beberapa tempat yang berbeda sekaligus. Jadi tak perlu ada kekhawatiran dari orang tua akan kehilangan rapor anaknya.

APLIKASI SIAP SEKOLAH

Fitur aplikasi SIAP Sekolah dari SIAP Online.

Fitur aplikasi SIAP Sekolah dari SIAP Online.

Fitur rapor siswa tersedia pada aplikasi SIAP Sekolah di layanan SIAP Online. Fasilitas administrasi akademik yang disediakan oleh aplikasi SIAP Sekolah tentu tidak hanya berupa rapor siswa saja, ada banyak fasilitas lain yang tak kalah pentingnya. Untuk bisa memanfaatkan sepenuhnya fitur-fitur yang ada di aplikasi SIAP Sekolah, pastikan sekolah telah berlangganan SIAP Online karena tidak semua fitur tersedia dalam versi gratis.

 

— Maret 2016.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Kang Roni

punya blog pendidikan yang ingin kenal saya yang g pengan g usah dibaca saya seorang guru madrasah yang men ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0