Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Potret Pendidikan Indonesia
Potret Pendidikan Indonesia
0 Komentar | Dibaca 873 kali
Mr Bee @paklebah
19 March 2016

Menyusuri berbagai kabar pendidikan di negara kita dari berbagai media, banyak pihak yang menyoroti mutu pendidikan Indonesia. Walau pun opini yang beredar cukup beragam namun secara umum kita sepakat bahwa mutu pendidikan kita tidak terlalu bagus atau tidak layak dibanggakan. Tentu saja dari waktu ke waktu mutu pendidikan di negara kita semakin baik karena kerja keras semua pihak, baik dari pemerintah maupun swadaya masyarakat. Namun semua upaya ini dirasa masih belum cukup baik untuk meningkatkan mutu pendidikan kita.

SURVEI OECD 2015

Sebuah lembaga dunia, OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) yang berkonsentrasi pada penelitian ekonomi dan pendidikan negara-negara di dunia, secara berkala melakukan survei kemampuan sains dan matematika anak usia sekolah (sekitar 15 tahun) di negara-negara dunia melalui program PISA (Programme for International Student Assessment). Menurut OECD, kemampuan sains dan matematika anak usia sekolah merupakan salah satu tanda atau indikator mutu pendidikan di sebuah negara.

Peta peringkat PISA tahun 2015 dari OECD.

Peta peringkat PISA tahun 2015 dari OECD.

Pada bulan Mei tahun 2015 lalu, OECD menerbitkan hasil penelitiannya untuk periode tahun 2015. Dari hasil penelitian tersebut, OECD melakukan pemeringkatan terhadap 76 negara di dunia, mulai dari negara yang ekonominya kuat hingga negara yang tergolong miskin. Negara kita, Indonesia, menempati peringkat ke-69 dari 76 negara tersebut. Terhadap negara-negara tetangga kita sendiri, posisi kita tidak lebih baik, jika tak bisa dikatakan jauh lebih buruk. Sebagai perbandingan, Singapura ada di posisi pertama, Vietnam ada di posisi keduabelas, dan Malaysia di posisi ke-52. Ini jelas bukan peringkat yang patut kita banggakan.

MENGAPA MUTU PENDIDIKAN INDONESIA RENDAH?

Menurut Yenglis Dongche Damanik, dalam artikelnya ber