Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Teknologi

Beranda / Teknologi / Sistem Manajemen SDM dan Payroll Terintegrasi
Sistem Manajemen SDM dan Payroll Terintegrasi
0 Komentar | Dibaca 1839 kali
Tri Haryadi @talk
22 March 2016

Bagi perusahaan, persoalan menggaji para pegawainya bukanlah persoalan yang mudah. apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar yang mempunyai ratusan hingga ribuan pegawai. Bayangkan jika semua jumlah gaji yang harus dibagikan harus dihitung secara manual dengan tangan atau hanya berbekal teknologi seperti kalkulator, berapa lama proses penghitungannya? Belum lagi faktor human error yang sangat besar. Anda tentu tak mau jumlah gaji Anda salah, bukan? Di sinilah peran sistem payroll Indonesia bisa membantu.

Di dalam prosesnya, penggajian haruslah bisa dilakukan dengan cepat, tepat, serta akurat dengan kesalahan yang minimal. Karyawan yang bertugas di dalam bidang ini biasanya berasal dari bagian Human Resources Department atau HRD, dan mereka memerlukan pemahaman tentang administrasi gaji dengan baik dan membuat laporannya. Jika dulunya sistem penggajian harus dilakukan secara manual, maka di zaman modern yang sekarang ini perusahaan banyak yang menggunakan sistem payroll, yang sudah ada software dan membuat segalanya menjadi otomatis. Salah satunya adalah Sleekr.

Payroll Indonesia dan Manajemen SDM Software HR dari Sleekr.co dilakukan dengan sistem auto debit. Jadi perusahaan langsung memasukkan gaji ke dalam rekening karyawan. Namun dengan adanya software untuk payroll sekarang ini, peran istilah payroll sekarang sudah semakin luas. Program payroll biasanya mempunyai keuntungan-keuntungan seperti:

• Menjadi lebih mudah dalam menghitung gaji para karyawan, termasuk dalam melakukan penghitungan yang berhubungan dengan iuran untuk pensiun dan asuransi kesehatan, serta pajak.
• Hasil lebih akurat dalam menghitung angka-angka yang ada, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam memberikan jumlah gaji yang pas.
• Proses dalam menghitung gaji juga bisa lebih cepat karena sudah ada rumus khususnya sendiri, yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keperluan atau ketika ada perubahan peraturan.
• Proses otomatisasi menggunakan software payroll akan mengurangi terjadinya human error, dan menjadikan komplain karyawan berkurang.

Enaknya lagi, Anda mempunyai banyak pilihan dalam hal software payroll tersebut. Berikut adalah beberapa ulasannya:

1. In-house
Untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya mereka mempunyai departemen sendiri yang khusus mengembangkan programnya secara in-house. Karyawan di bagian ini harus selalu update dengan hukum-hukum perpajakan dan pergantian karyawan.

2. Menggunakan akuntan
Anda juga bisa melakukan outsourcing dan menggunakan akuntan publik untuk menghitung dan mendistribusikan gaji tersebut.

3. Online payroll
Anda juga bisa memanfaatkan jasa dari banyak online payroll yang beredar di internet, di mana Anda bisa memonitor semuanya selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, langsung dari browser tanpa harus membeli software.

Itulah beberapa hal tentang payroll Indonesia yang perlu Anda ketahui, terutama jika Anda adalah pebisnis baru. Masalah gaji para karyawan adalah masalah penting yang harus Anda ketahui, karena ini berhubungan dengan kesejahteraan dan kesetaraan yang bisa diberikan kepada SDM, serta juga agar Anda tak ada masalah dengan pajak di perusahaan.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Ananda Farhan Ramadhan

Vocational High School 8 Student | Work Training
Daftar Artikel Terkait :  24

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0