Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Cara Menyimpan File PDF SIMPATIKA
Cara Menyimpan File PDF SIMPATIKA
4 Komentar | Dibaca 5503 kali

Mungkin cara ini sudah umum dilakukan oleh para operator RA/Madrasah yang berpengalaman, tapi ada juga yang belum mengetahuinya terutama operator pemula dan sebagian operator kaum hawa.

Data Simpatika yang bisa disimpan mulai Surat A05, S03c, S05a, S07a, S08a, S12a, sampai S29a serta Kartu PTK semuanya berbentuk format pdf.

Untuk menyimpan file hasil akhir input data Simpatika tersebut pertama-tama kita harus memilih browser yang digunakan, karena tidak semua browser internet ada fiturnya untuk menyimpan.
Pilihlah browser internet “Opera widows” atau “Google Croma” yang ada di komputer atau laptop anda, kemudian jalankan seperti biasa.

Langkah pertama bukalah halaman login Simpatika, sebagai contoh buka login kepala dan pilih halaman “Keaktifan Diri” kemudian pilih “Cetak Ulang” ajuan bagi yang sudah mengajukan S25a, atau “Cetak Kartu” bagi yang sudah aktif tervalidasi admin Kemenag.

 alt=

Pada halaman berikutnya akan nampak file siap dicetak , untuk menyimpan file tersebut klik “Change..” seperti di bawah ini!

2

Selanjutnya muncul jendela pilihan perubahan jenis tipe printer yang telah di instal di laptop anda, selain itu ada pilihan Save/Simpan, maka kita pilih saja “Save/Simpan” , seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

3

Langkah terakhirnya pilih simpan file dengan mengklik tombol “Save/Simpan” di bagian sebelah kanan bawah, pilih tempat yang anda inginkan untuk menyimpan file tersebut

4

Perubahan pengaturan ini hanya berlaku satu kali saja, untuk menyimpan file cetak yang akan datang sudah tidak perlu lagi mengulang pengaturan tersebut karena sudah otomatis tersimpan, kecuali kalau