Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / 5 Tips Sebelum Menjadi Mahasiswa Jurusan Akuntansi
5 Tips Sebelum Menjadi Mahasiswa Jurusan Akuntansi
0 Komentar | Dibaca 1790 kali
masdeal @masdeal
08 April 2016

Pada saat SMA, kalian yang memilih untuk masuk jurusan IPS pasti sudah mengenal mata pelajaran akuntansi dan bagi anak SMK yang memang dari awal memilih jurusan Akuntansi pasti lebih bisa mengenal jauh mata pelajaran akuntansi dengan baik. Sedangkan bagi kalian yang bentar lagi mau lulus SMA ataupun SMK yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan agar mendapatkan gelar sarjana, ada baiknya sudah siap memantapkan diri untuk masuk ke Sekolah Tinggi, Universitas Negeri maupun Universitas Swasta dengan jurusan yang sesuai dan kalian pilih, pokoknya jangan sampai salah jurusan.

Pada kalian daftar kuliah, pasti kalian akan disuruh memilih untuk masuk fakultas yang sesuai dengan jurusan kalian pilih. Salah satu fakultas yang saat ini sedang ‘naik daun’ yaitu Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), didalam fakultas ini biasanya terdapat jurusan Perpajakan, Akuntansi dan Manajemen. Dari beberapa jurusan yang terdapat dari fakultas tersebut, kalian dapat memilih satu jurusan yang kalian minati, contohnya adalah jurusan akuntansi.

Nah, bagi kalian yang akan memilih jurusan akuntansi, ada baiknya bila kalian membaca 5 tips ini terlebih dahulu sebelum memantapkan diri menjadi anak akuntansi:

1. Siapkan Mental Bertemu Angka & Rumus

Sudah siap bertemu dengan angka-angka lagi kah setelah lulus dari dunia SMA ataupun SMK? Yang kadang nominalnya bisa dari satuan hingga jutaan sehingga kita harus bisa menghitungnya dengan benar dan kalau salah maka semuanya akan salah lho.

2. Mari Belajar Dan Hafalkan Rumus Akuntansi!

Masih ingat materi dasar-dasar rumus akuntansi yang diberikan oleh guru-gurumu pada saat masa sekolah? Kalau masih ingat berarti kalian hebat, karena pada saat kuliah nanti kalian akan diperkenalkan dengan rumus-rumus tersebut dan menghafalkannya.

3. Berteman Baik Dengan Kalkulator

Kalkulator bisa dikatakan sebagai ‘sahabat’ bagi anak akuntansi, kalkulator ini yang akan menolongmu untuk menghitung bila tugasmu dilakukan dengan mencatat langsung bukan melalui media software manapun.

4. Bertemu Dengan Software Akuntansi

Mungkin ada beberapa sekolah yang sudah mengajarkan kalian untuk belajar menggunakan software accounting yaitu software akuntansi yang membantu kalian dalam memudahkan aktifitas akuntan kalian. Pada saat kuliah nanti, ilmu kalian akan lebih diasah lagi dalam menggunakan software akuntansi tersebut dan bagi kalian yang belum pernah menyentu software akuntasi ini sebelumnya jangan takut untuk mencoba mengenal lebih jauh mengenai software akuntansi ini.

5. Berbahasa Inggris? Perlu Atau Engga, Sih

Prepare lebih baik daripada kalian tiba-tiba shock ditengah jalan karena bertemu dengan bahasa inggris. Bagi kalian yang sudah mengerti bahasa inggris pasti akan baik-baik saja, lalu bagimana yang belum mengerti bahasa inggris tersebut? Makanya, kalian harus prepare dari sekarang, belajar bahasa inggris dari otididak sampai les juga oke nampaknya. Bahasa inggris ini biasanya diperlukan agar kalian mengerti arti didalam software akuntansi yang kalian pakai dan mungkin kalau kalian merasa tidak beruntung, bisa jadi dosen kalian menyuruh kalian mengerjakan tugas akuntansi kalian dengan berbahasa inggris.

Bagaimana dengan tips-tips diatas? Ada baiknya kalau kalian mulai prepare untuk masuk ke dunia perkuliahan salah satunya memilih jurusan dan lalu  kalian bisa memahami seluk-beluk apa yang akan kalian lakukan didalam masa pembelajaran kalian dalam jurusan tersebut.

Jadi bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa jurusan akuntansi, semangat ya!

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Aditya Marselvada

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  4

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0