Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Internet & Media Sosial

Beranda / Internet & Media Sosial / Aplikasi Online Bisa Murah, Bahkan Gratis
Aplikasi Online Bisa Murah, Bahkan Gratis
0 Komentar | Dibaca 773 kali
Mr Bee @paklebah
11 April 2016

Suatu hari seorang mahasiswa semester awal bertanya pada saya, “Mas, Google itu kan layanannya gratis, lalu dari mana ia bisa mendapat untung?” Saya tersenyum. Pertanyaan seperti ini mungkin juga menjadi pertanyaan banyak orang yang tidak memahami model bisnis di dunia teknologi informasi dan komputasi, terutama di masa internet dan media sosial sekarang ini. Mungkin seperti juga pertanyaan orang-orang tua tentang bagaimana anak-anak muda sekarang bisa mencari uang (kadang dalam jumlah yang besar) hanya dengan “melotot” di depan komputer dalam kamarnya masing-masing, tanpa perlu masuk kantor dengan jam kerja yang reguler dan normal.

Walaupun secara prinsip model bisnis di internet dan media sosial tak terlalu banyak berbeda dengan model bisnis di dunia nyata, namun penerapannya bisa jadi tampak berbeda, terutama bagi orang yang masih berpandangan ala bisnis konvensional. Dalam bisnis layanan aplikasi daring (online), ada banyak jenis model bisnis. Dalam artikel ini saya akan bahas model bisnis apa saja yang memungkinkan suatu aplikasi daring bisa tersedia secara murah bahkan gratis bagi penggunanya.

MODEL BISNIS APLIKASI DARING GRATIS

Secara umum bisa saya katakan setidaknya ada 5 (lima) jenis model, yaitu:

1. Gratis Terbatas

Model gratis terbatas, atau dikenal dengan istilah freemium, adalah layanan aplikasi gratis bagi pengguna namun aplikasi gratis dikenai batasan-batasan tertentu dimana batasan-batasan tersebut akan dihilangkan jika pengguna melakukan peningkatan (upgrade) ke aplikasi yang berbayar. Model gratis terbatas ini berbeda dengan model ujicoba (trial). Model gratis terbatas cenderung tidak memaksa pengguna untuk membayar dan aplikasi gratis tetap bisa terus digunakan tanpa ada batasan waktu.

Model bisnis seperti ini dimungkinkan karena penyedia layanan bisa mendapat sumber pemasukan selain dari pengguna aplikasi. Pada umumnya pemasukan lain itu bersumber dari iklan. Tak jarang ada layanan yang menyediakan aplikasi gratis yang tanpa batasan apapun selayaknya aplikasi yang berbayar, bedanya hanya pada adanya iklan. Jika pengguna tidak ingin melih