Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Inovasi Media Abad 21 : Harmonisnya Keluargaku Belajar Bersama
Inovasi Media Abad 21 : Harmonisnya Keluargaku Belajar Bersama
0 Komentar | Dibaca 304 kali

Kamis (28/4/2016) malam itu terasa keluarga berkumpul bersama mengikuti pembelajaran digital yang telah dibuat oleh Pak Rahmad Guru Matematika MTs Muhammadiyah 1 Taman. Pembelajaran berbasis digital berdampak sangat positif, karena peran orang tua juga terlibat dalam pembelajaran kali ini. Terlebih lagi saat ada tugas pada materi aritmatika sosial, dimana orang tua harus membuat soal yang sesuai dengan materi serta siswa atau anaknya diwajibkan menjawab pertanyaan yang telah dibuat oleh orang tua. Pembelajaran digital dapat diakses di rumah masing – masing mulai pukul 18.00-21.00.

Keluarganya Sabrina Belajar Bersama

Media inovasi digital ini lebih dikenal dengan MDL (mathematic digital learning). MDL merupakan media abad 21 sebagai jembatan komunikasi antara anak sebagai siswa dan orang tua siswa. Dalam media ini guru hanya sebagai fasilitator yang menjembatani komunikasi siswa dan orang tua siswa. Karena selama ini orang tua sibuk bekerja berdampak pada kurangnya perhatian kepada anak. Oleh karena itu dengan pembelajaran bersama orang tua ini mengembalikan peran dan kewajiban orang tua agar selalu senantiasa dapat berkomunikasi lebih intens. “Dengan pembelajaran mathematic digital learning, anak yang tidak suka belajar matematika menjadi lebih suka. Dan komunikasi antara anak dengan orang tua jadi lebih intensif” ujar salah satu orang tua siswa. Calvin akbar firdaus selaku siswa MTs Muhammadiyah 1 Taman mengungkapkan “Pembelajaran mathematic digital learning ini saya sangat gembira karena dapat berkomunikasi langsung bersama orang tua, dan saya dibimbing langsung sama orang tua karena biasanya orang tua selalu super sibuk”.

Rangga dan Mamanya

Pengembangan media pembelajaran yang melibatkan pembelajaran bersama orang tua yang dikembangkan oleh Rahmad Sugianto,S.Pd ini selaku Guru Matematika MTs Muhammadiyah 1 Taman merupakan karya keduanya. Pembelajaran bersama orang tua ini terinspirasi dari banyaknya problem sering mengeluhnya siswa kepada orang tuanya karena sibuknya orang tua yang luar biasa. Oleh karena itu, Pak Rahmad mengembangkan media pembelajaran mandiri bersama orang tua. Serta pembelajaran bersama orang tua ini mendukung progam pemerintah tentang penguatan peran keluarga terhadap pendidikan anak yang pernah disampaikan oleh Pak Anies Baswedan selaku menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Rar/05)

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SAMSUL ARIFIN

Saya adalah seorang lelaki desa yang ingin mengapdikan ilmu yang telah saya dapatkan dari bangku perkulihan ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0